1. HOME
  2. NEWS
JOKOWI

Jokowi Akan Bertemu 3 CEO Perusahaan AS di KTT US-ASEAN

Pada KTT tersebut Indonesia akan mengangkat UMKM. Karena ekonomi Indonesia bergantung kepada UMKM.

By Dwifantya Aquina 16 Februari 2016 12:40
Presiden Joko Widodo (Setkab.go.id)

Money.id - Presiden Joko Widodo menghadiri KTT Khusus ASEAN-US di Sunnylands, California, Amerika Serikat, Selasa 16 Februari 2016. Jokowi bersama Sekretaris Jenderal ASEAN Le Luong Minh dan 10 pemimpin negara anggota ASEAN akan memulai retreat pertama dengan topik Promoting Innovative Entrepreneur ASEAN Eonomic Community.

Dalam pembahasan retreat pertama itu antara lain akan dibahas mengenai masalah UMKM, information technology, digital economy, dan masih banyak lagi.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menambahkan, pada bagian terakhir dari retreat I, akan ada 3 CEO yang diundang oleh Presiden Obama untuk bergabung dengan para leaders (pemimpin negara) dan berdiskusi dengan para leaders.

“Ketiga CEO tersebut adalah IBM, Microsoft, dan Sisco. Jadi akan ada interaksi antara leaders dengan 3 CEO dari 3 perusahaan tersebut,” jelas Menlu seperti dikutip dari laman Setkab.go.id, Selasa 16 Februari 2016.

Mengenai overaching theme atau tema yang diusung Indonesia adalah partnership di antara Amerika dan ASEAN atau ASEAN dengan Amerika, ini ditujukan untuk perdamaian dan kesejahteraan.

“Itu adalah overaching theme-nya sehingga di dalam setiap retreat itu misalnya retreat besok heavy-nya adalah ekonomi, kita bicara bagaiman ASEAN dan Amerika bisa bekerja sama dan berkontribusi pada kesejahteraan baik kesejahteraan ASEAN maupun kesejahteraan Amerika,” terang Menlu.

Lebih penting lagi, pada KTT tersebut Indonesia akan mengangkat UMKM. Karena UMKM dari presentase yang ada, banyak ekonomi Indonesia yang bergantung kepada UMKM dan sekaligus ingin menutup gap development.

“Presiden berkali-kali mengatakan bahwa gap developement, gap pembangunan ini harus ditutup sehingga kalau kita bicara pembangunan, pembangunan yang harus bermanfaat bagi kita semuanya,” ujar Menlu mengutip arahan Presiden Jokowi.

Setelah retreat pertama selesai, pada malam harinya akan diadakan working dinner dengan tuan rumah tentunya adalah Presiden AS Barack Obama.

 

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section