1. HOME
  2. NEWS
KUSRIN

Jadi Bintang Iklan, Kusrin Perakit TV Setara Chris John dan Pacquiao

Proses syuting iklan dilakukan di kediaman Kusrin di Wonosari, Jatikuwung, Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah.

By Rohimat Nurbaya 29 Januari 2016 07:17
Kusrin (mengenakan batik) saat syuting iklan (Istimewa)

Money.id - Kisah pahit Muhammad Kusrin (42) kini berujung manis. Setelah sempat digerebek polisi dan divonis bersalah karena televisi rakitan yang dijualnya tidak bersetifikat SNI, Kursin malah jadi terkenal dan kini jadi bintang iklan minuman berenergi produksi produsen jamu Sido Muncul. 

Kusrin dianggap sebagai sosok pengusaha tanguh dan memiliki keteguhan hati, sehingga menarik perhatian pemilik Sido Muncul, Irwan Hidayat. Perjalanan hidup pria asal Karanganyar, Jawa Tengah itu dianggap inspiratif, sehingga dianggap cocok jadi bintang iklan jamu asli Indonesia itu. 

"Saya langsung ditelepon pak Irwan, dia bilang ke saya dapat nomor telepon saya dari pak Saleh Husin (Menteri Perdagangan)," kata Kusrin saat dihubungi Money.id, Kamis 28 Januari 2015.

Dalam iklan Sido Muncul tersebut Kusrin bersanding dengan presenter Bukan Empat Mata, Vega Darwati dan eks kapten Tim Nasional (Timnas) sepakbola U-19, Evan Dimas.

Proses syuting iklan Sido Muncul itu dilakukan di kediamannya sekaligus tempat perakitan televisi miliknya di Wonosari, Jatikuwung, Gondangrejo, Karanganyar, Rabu 27 Januari 2016. "Setelah dihubungi, orang-orang datang ke rumah saya terus syuting seperti biasa wartawan wawancara saya," terangnya.

Proses syuting iklan minuman berenergi itu dilakukan dalam satu hari saja. Tidak hanya Kusrin ada dalam iklan itu, namun 11 orang karyawannya turut serta jadi binttang iklan jamu ternama di Indonesia tersebut.

"Karyawan saya juga ikutan, semuanya dilakukan di rumah, semua yang ada di rumah saya disyuting semuanya," jelasa dia.

Peran Kusrin dalam iklan minuman berenergi produksi Sido Muncul tersebut bisa disejajarkan dengan bintang lainnya yang lebih dulu mucul diiklan tersebut sepert, petinju Chris John dan Manny Pacquiao.

Minuman berenergi itu memang terkenal menggandeng orang-orang inspiratif untuk menjadi bintang iklan, selain dua legenda tinju ada juga, Ade Rai, Bambang Pamungkas, Iko Uwais, bahkan penjaga Gunung Merapi, Mbah Marijan.

Bayaran

Kusrin mengaku, tidak tahu berapa bayaran jadi bintang iklan tersebut, tetapi menurutnya dalam perjanjian dia ditawarkan sharing iklan. Ketika dia bersedia jadi bintang iklan minuman bereneri produksi Sido Muncul, televisi Maxreen, Veloz, dan Zener hasil rakitannya akan diiklankan juga.

"Kalau bayaran enggak, tapi mereka mau promosiin tv rakitan saya. Kalau saya yang penting dipromosikan," ujar dia.

Kusrin menegaskan, faktor utama diharapkannya bukan hanya uang semata, tetapi dengan dia menjadi bintang iklan Sido Muncul televisi hasil rakitannya bisa lebih laku di pasaran.

"Intinya hanya kerja sama saja, saya tidak dibayar oleh Sido Muncul," ucapnya.

Nama Kusrin mendadak tenar ketika divonis bersalah oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Karanganyar, Jawa Tengah. Vonis dijatuhkan kepada Kusrin enam bulan bulan penjara, satu tahun percobaan dan denda Rp2,5 juta. Namun dia tidak ditahan.

Vonis tersebut tetap menuai protes, masyarakat tidak terima orang kreatif seperti Kusrin dijegal begitu saja. Keputusan tersebut menuai protes termasuk dari para netizen.

Protes digulirkan melalui platform petisi terbesar di dunia, Change.org. Setelah ada petisi itu, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan memanggil Kusrin, kemudian televisi rakitan Kusrin langsung diberi label SNI.

Baca Juga

 

(rn/rn)

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From News Section