1. HOME
    2. NEWS
JOKOWI

Insiden Indonesia dan China, Jokowi Sambangi Pulau Natuna

By Rohimat Nurbaya 23 Juni 2016 12:05
Insiden Indonesia - China

 

Tahun ini di pulau Natuna ada beberapa insiden yang melibatkan Indonesia dan China. Kementrian Kelautan dan Perikanan bersama Angkatan Laut Indonesia tidak tinggal diam terhadap kapal-kapal asing yang mencuri ikan di sana.

Insiden pertama terjadi pada Maret 2016. Saat itu, kapal pasukan penjaga pantai (coast guard) China membantu kapal nelayannya yang ditahan aparat Indonesia di dekat Natuna. Kapal nelayan China itu diduga mencuri ikan. Kementerian Luar Negeri Indonesia sudah protes keras dan memanggil Duta Besar China di Jakarta.

Insiden kedua terjadi akhir bulan lalu, tepatnya Mei 2016, Beijing memprotes keras tindakan Angkatan Laut Indonesia yang menyita kapal China di sebuah perairan di dekat Kepulauan Natuna, Indonesia. Kapal China disita karena diduga menangkap ikan di wilayah Indonesia secara ilegal.

Insiden ketiga terjadi hari Jumat pekan lalu. Kapal perang Indonesia mendekati 12 kapal asing yang diduga mencuri ikan di Natuna. Kapal-kapal asing itu melarikan diri, namun ada satu kapal berbendera China yang berhasil ditangkap.

Dalam insiden terbaru ini, China protes keras dan menyalahkan Indonesia. Mereka menganggap tindakan Indonesia melanggar hukum internasional.

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section