1. HOME
  2. NEWS
AKHIR TAHUN

Ini Rekayasa Lalu Lintas Jakarta di Malam Tahun Baru

Cek jalan mana yang ditutup agar kendaraan Anda tidak terjebak.

By Rohimat Nurbaya 31 Desember 2015 06:16
Ilustrasi pengalihan lalu lintas (rri.co.id)

Money.id - Polda Metro Jaya melakukan rekayasa lalu lintas saat perayaan malam Tahun Baru pada Kamis malam, 31 Desember 2015. Beberapa ruas jalan utama akan ditutup dan dialihkan.

Kepala Sub Direktorat Pendidikan dan Rekayasa Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Ipung Purnomo mengatakan, pada pelaksanaan Car Free Night (CFN) di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin arus lalu lintas akan ditutup.

"Penutupan arus lalu lintas di ruas jalan tersebut mulai pukul 17.00 hingga pukul 2.00 dini hari," kata Ipung kepada Money.id, Rabu 30 Desember 2015.

Imbas dari penutupan itu, kendaraan yang hendak melintas ke Jalan Sudirman - Thamrin dialihkan. Misalnya arus kendaraan datang dari arah Jalan Suryo Pranoto diluruskan ke Jalan Juanda atau dialihkan ke Jalan Gajah Mada maupun Jalan KH Hasyim Ashari, Grogol, Jalan S Parman, Daan Mogot, dan seterusnya.

Kemudian, arus kendaraan dari arah Hayam Wuruk menuju Jalan Sudirman – Thamrin dialihkan menuju Jalan Juanda, Jalan Pos, Jalan Dr Sutomo, Gunung Sahari, dan seterusnya.

Lalu Arus kendaraan yang datang dari arah Veteran yang ingin menuju Jalan Sudirman – Thamrin dialihkan ke Jalan Suryo Pranoto, Tomang, Jalan Balikpapan, Kyai Caringin, Tomang Raya, Jalan S Parman atau ke Jalan Gajah Mada maupun ke kiri Jalan KH Hasyim Ashari, Grogol, Daan Mogot dan seterusnya.

Bundaran HI

Arus kendaraan yang datang dari arah Jalan Abdul Muis menuju Medan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Abdul Muis Fachrudin dan seterusnya.

Arus kendaraan yang datang dari arah Jalan Abdul Muis yang menuju Sudirman – Thamrin dialih kan ke Jalan Fachrudin dan seterusnya.

Arus kendaraan yang datang dari arah Kwitang Senen menuju Monas diputarbalikkan di Doorbrak Gunung Agung atau melalui Medan Merdeka Timur, Gambir dan seterusnya.

Arus kendaraan yang datang dari arah Abdul Muis menuju Kebon Sirih dialihkan ke arah Jalan Fachrudin KH Mas Mansyur dan seterusnya. Sedangkan arus kendaraan yg datang dari arah Agus Salim dialihkan ke Kebon Sirih – Tugu Tani dan seterusnya.

Dukuh Atas

Arus kendaraan yang datang dari arah Sudirman menuju ke Thamrin dialihkan melalui Jalan Bni 46 Galunggung, dan ke Jalan Pasar Baru Timur.

Arus kendaraan dari arah Karet Pasar Baru Timur menuju ke Sudirman diluruskan ke arah Galunggung dan Halimun. Kemudian arus kendaraan yang datang dari Galunggung menuju ke Karet Pasar Baru Timur dibelokkan ke kiri Jenderal Sudirman.

Kemudian untuk kawasan Semanggi, arus kendaraan datang dari arah Gatot Subroto menuju Sudirman dialihkan ke arah Senayan, Slipi dan seterusnya. Arus kendaraan datang dari arah Gatot Subroto menuju Sudirman dialihkan ke arah Blok M.

Lalu, arus kendaraan yang datang dari arah Sudirman menuju Thamrin dialihkan ke kiri ke Jalan Gatot Subroto dan seterusnya.

Arus kendaraan yang datang dari arah Gatot Subroto menuju Sudirman diluruskan ke arah Jalan Gator Subroto, Rasuna Said maupun MT Haryono.

700 personel

Polisi juga bekerjasama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk mengamankan perayaan Tahun Baru 2016. Sebanyak 700 personel diturunkan untuk mengatur lalu lintas di car free night (Sudirman – Thamrin), Ancol, TMII, Setu Babakan, Ragunan, Kota Tua, CNI, Kelapa Gading dan Monas sekitanya.

"Selain penempatan personel juga ditempatkan mobil Derek sebanyak 12 unit untuk mengantisipasi apabila ada kendaraan yang mogok," ujar Ipung.

Petugas juga sudah menyiapkan kantong parkir antara lain di Gelora Bung Karno (GBK), IRTI Monas, Istiqlal, Lapangan Banteng dan gedung-gedung parkir di sekitar lokasi Car Free Night. (ita)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section