1. HOME
    2. NEWS
NEWS

Dari Korsel, Presiden Jokowi Bawa Pulang Investasi Rp239 Triliun

Kesepakatan bisnis tersebut meliputi sektor kelistrikan, industri pakan ternak, industri film, industri sepatu dan industri farmasi.

By Rohimat Nurbaya 16 Mei 2016 15:15
Presiden Joko Widodo Tandatangani Kerjasama (Merdeka.com)

Money.id - Pemerintah Indonesia dan Korea Selatan menyepakati kerjasama bisnis senilai US$18 miliar atau sekitar Rp239,6 triliun. Kesepakatan diumumkan dalam rangkaian kunjungan Presiden Joko Widodo di Korea Selatan hari ini, Senin 16 Mei 2016.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Franky Sibarani yang ikut mendampingi Presiden menyatakan, kesepakatan bisnis tersebut terdiri dari pernyataan komitmen investasi dari enam perusahaan Korea Selatan senilai US$15,8 miliar atau setara Rp210,3 triliun.

Kemudian empat MoU yang ditandatangani antara perusahaan Korea Selatan dan Indonesia senilai US$2,2 miliar atau setara Rp29,2 triliun. Kesepakatan bisnis tersebut meliputi sektor kelistrikan termasuk, energi terbarukan, industri pakan ternak, industri film, industri sepatu, dan industri farmasi.

"Kesepakatan bisnis yang diumumkan hari ini menunjukkan kepercayaan investor Korea terhadap iklim investasi di Indonesia. Termasuk dengan berbagai reformasi di bidang investasi yang telah dan sedang dijalankan pemerintah hari ini," ujar Franky seperti dikutip dari laman Setkab RI.

Dia menjelaskan komitmen investasi yang telah diumumkan dan MoU yang ditandatangani cukup serius untuk direalisasikan. Menurutnya, BKPM dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul telah melakukan verifikasi bahwa investor Korea yang diumumkan hari ini serius akan merealisasikan investasinya.

"Presiden Jokowi menekankan adanya tindak lanjut untuk memastikan agar kesepakatan bisnis yang ditandatangani dapat terealisasi. BKPM dan KBRI Seoul akan mengawal kesepakatan bisnis ini dapat terealisasi," tutur Franky.

Pengumuman dan penandatanganan MoU dihadiri oleh Menteri Perdagangan, Industri dan Energi, HE Joo Hyunghwan. Rincian kesepakatan bisnis yang diumumkan di Seoul, Korea Selatan hari ini, enam perusahaan mengumumkan komitmen investasi.

Bersambung...

Baca Juga

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section