1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Hore! PNS Sekarang Dapat Uang Makan Setiap Hari Kerja

Dalam lampiran aturan ini, dijelaskan cara hitung uang makan yang diterima PNS. Namun...

By Dwifantya Aquina 31 Mei 2016 14:03
Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil (Setkab.go.id)

Money.id - Pemerintah akan memberi uang makan ke Pegawai Negeri Sipil (PNS) terhitung setiap hari masuk kerja.

Pemberian uang makan untuk PNS mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 72/PMK.05/2016 tentang Uang Makan Aparatur Sipil Negara yang telah ditetapkan pada 26 April 2016 lalu.

Dalam lampiran aturan ini, dijelaskan cara hitung uang makan yang diterima PNS. Namun tidak ditulis berapa besar uang makan yang diterima PNS setiap harinya.

Dalam perhitungannya, jumlah kotor uang makan didapat PNS dihitung dari kehadiran kerja dikalikan dengan tarif uang makan. Kemudian hasil jumlah kotor ini dikurangi PPh sehingga didapat jumlah bersih yang diterima PNS setiap harinya.

Pasal 1 dari aturan tersebut menyebutkan bahwa uang makan adalah uang yang diberikan kepada ASN atau PNS berdasarkan tarif dan dihitung secara harian untuk keperluan makan Pegawai ASN.

Kemudian, dalam Pasal 2 aturan tersebut dikatakan bahwa uang makan diberikan kepada Pegawai ASN berdasarkan daftar hadir Pegawai ASN pada hari kerja dalam satu bulan. Selanjutnya, uang makan yang diberikan kepada Pegawai ASN per hari sesuai satuan biaya sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan mengenai standar biaya masukan.

Dalam Pasal 3, uang makan tidak diberikan kepada Pegawai ASN dengan ketentuan seperti tidak hadir kerja, sedang melaksanakan tugas dinas, sedang melaksanakan cuti, sedang melaksanakan tugas belajar dan atau diperbantukan atau dipekerjakan di luar instansi pemerintah.

Kemudian Pasal 5 aturan ini menyebut, uang makan dibayarkan setiap satu bulan yang pembayarannya dilaksanakan pada awal bulan berikutnya. Khusus uang makan bulan Desember, dapat dibayarkan pada bulan berkenaan mengikuti ketentuan mengenai pedoman pelaksanaan penerimaan dan pengeluaran negara pada akhir tahun anggaran.

Sumber: Merdeka.com

Baca Juga

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section