1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Gempa 5,9 SR Guncang Bengkulu, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa 5,9 SR mengguncang Bengkulu namun tidak berpotensi tsunami.

By Azalia Amadea 10 April 2016 11:50
Ilustrasi gempa (Foto: merdeka.com)

Money.id - Gempa bumi tengah mengguncang Bengkulu dengan kekuatan 5,9 SR pada jam 09:14 WIB pagi tadi. Meski pusat gempa berada di laut namun gempa tersebut tidak berpontensi timbulkan tsunami.

Pusat gempa berada di laut berjarak 67 kilometer arah barat daya dari Bengkulu. Sedangkan kedalaman pusat gempa tercatat 16 kilometer seperti dikutip dalam merdeka.com Minggu 10 April 2016.

Gempa dirasakan cukup keras oleh masyarakat di Kabupaten Seluma. Guncangan tersebut terasa selama kurang lebih 30 detik membuat sebagian masyarakat berhamburan ke luar rumah.

Guncangan gempa juga dirasakan oleh masyarakat kota Bengkulu, Bengkulu Tengah, Kaur dan Bengkulu Selatan. Belum diketahui apakah ada kerusakan fisik akibat gempa itu.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan persnya, kondisi masyarakat aman dan normal. Masyarakat Bengkulu sudah terbiasa dengan gempa. Hampir setiap hari masyarakat merasakan guncangan gempa dengan intensitas yang bervariasi. Tinggi ancaman gempa di Bengkulu telah banyak dilakukan mitigasi, baik structural maupun non structural oleh BPBD dan berbagai pihak terkait. 

Pasca gempa 7,9 SR yang menimbulkan korban jiwa dan kerusakan di Bengkulu pada 12/9/2007 telah memberikan pelajaran berharga untuk membangun masyarakat yang siap menghadapi gempa. (dhi)

Baca juga:

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section