1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Gempa 5,6 Skala Richter Menerjang Barat Daya Bantul

Pusat gempa berada di Samudera Hindia dengan kedalaman 93 kilometer.

By Rohimat Nurbaya 11 November 2015 21:31
Peta Bantul (Foto: Google Maps)

Money.id - Gempa bumi 5,6 skala richter dengan episentrum 120 kilometer terjadi di barat daya Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu 11 November 2015.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, pusat gempa berada di Samudera Hindia dengan kedalaman 93 kilometer.

Sedangkan dari pantauan USGS Badan Geologi Amerika Serikat melaporkan gempa 5,9 SR dengan kedalaman 95,7 km. Tidak berpotensi Tsunami.

"Guncangan gempa terasa keras di daerah-daerah selatan Provinsi DIY, Jawa Tengah, sebagian Jawa Barat dan Jawa Timur," kata Sutopo.

Beberapa daerah yang melaporkan merasakan guncangan cukup keras meliputi Ciamis bagian selatan, Cilacap, Purworejo, Kebumen, Banyumas, Banjarnegara dan Wonosobo.

Kemudian di Temanggung, Magelang, Klaten, Boyolali, Wonogiri, Wates, Bantul, Wonosari, Kota Yogyakarta, Pacitan dan Trenggalek. Durasi gempa terjadi selama 10 sampai 15 detik.

"Masyarakat di sana berhamburan keluar rumah saat merasakan guncangan keras," terangnya.

Lalu, masyarakat di daerah di utara Jawa Tengah juga merasakan guncangan gempa dengan intensitas lemah seperti Pekalongan, Semarang, Jepara, Kudus, Cirebon, Semarang, Solo dan lainnya. Bahkan juga dirasakan di Bandung.
 
"Belum ada laporan korban dan kerusakan akibat gempa tersebut," ucap dia.

Gempa dirasakan di Bantul, Yogyakarta, Klaten, Kebumen, Purworejo intensitasnya berskala IV MMI (Modified Mercally Intensity). Kemudian di Cilacap dan Temanggung intensitasnya berskala III MMI.

Dengan intensitas gempa dirasakan IV MMI ke bawah maka diperkirakan tidak banyak bangunan yang mengalami kerusakan berat.

"Pendataan masih dilakukan. BPBD masing-masing daerah masih melakukan pemantauan di lapangan," imbuhnya.

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section