1. HOME
  2. NEWS
MASKAPAI PENERBANGAN

Tingkatkan Wisata Toba, Garuda Indonesia Buka Rute Soetta-Silangit

Penerbangan perdana mulai 23 Maret 2016. Tujuan dibuka rute itu untuk memperpendek jalur tempuh ke Danau Toba.

By Rohimat Nurbaya 7 Maret 2016 07:00
Pesawat Garuda Indonesia (merdeka.com)

Money.id - PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) membuka rute penerbangan dari Bandara Soekarno Hata (Cengkareng) menuju Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Vice Precident Corporate Communication GIAA Benny S Butarbutar mengatakan, dibukanya rute penerbangan tersebut merupakan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo.

"Penerbangan perdana mulai 23 Maret 2016, tiga kali seminggu dari Cengkareng ke Silangit," ucap Benny kepada Money.id, Minggu 6 Maret 2016.

Dia mengatakan, pembuan rute Bandara Soekarno Hatta-Silangit itu untuk mengembangkan destinasi wisata di Sumatera Utara, salah satunya Danau Toba.

Pembukaan rute baru tersebut didukung penuh oleh PT Angkasa Pura II dan Pemerintah Daerah Tapanuli Utara, terutama dari kapasitas bandara, pelebaran landasan pacu dan akses masuk menuju bandara.

"Angkasa Pura II sudah menyanggupi kalau landasan pacu akan diperbaiki dan selesai sesuai jadwal, sehingga pesawat seperti Bombardier CRJ 1000 hingga Boeing 737 milik Garuda sudah bisa masuk," tuturnya.

Rute penerbangan Bandara Soekarno Hatta-Silangit tersebut merupakan solusi cepat untuk memperpendek jarak tempuh ke Danau Toba, dibanding lewat jalur darat dari Kualanamu-Parapat yang butuh waktu empat jam hingga lima jam.

Apabila turun di Bandara Silangit, pengunjung dapat menghemat waktu 2-3 jam dan perjalanan hanya memakan waktu 1-2 jam saja untuk sampai ke Danau Toba.

Keputusan Garuda Indonesia tersebut merupakan tindak lanjut dari Rapat Terbatas (Ratas) Percepatan Kawasan Danau Toba yang dipimpin Presiden Joko Widodo dan dimoderatori Menteri Pariwisata, Arief Yahya. (poy)

(rn/rn)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From News Section