1. HOME
  2. NEWS
LUAR ANGKASA

Dimodali Rp 758 Miliar, NASA Berniat Bangun Rumah di Mars

Kongres AS menargetkan NASA dapat merampungkan "habitation module" pada 2018 mendatang.

By Adhi 30 Desember 2015 19:21
Planet Mats (spacenews.com)

Money.id - Niatan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) untuk menjadikan Mars sebagai opsi tempat tinggal uman manusia bukan omong kosong belaka. Terkini, NASA kabarnya telah mendapatkan anggaran dana yang cukup besar dari para anggota Kongres AS untuk membangun rumah pertama di Mars.

Dilansir laman Space News, Rabu 30 Desember 2015, NASA diberi tugas oleh Kongres AS untuk mengembangkan proyek modul habitat (habitation module) yang akan menjadi tempat tinggal bagi para astronot di misi penjelajahan Mars.

Untuk mewujudkannya, Kongres AS menggelontorkan dana sebesar US$55 juta atau setara Rp758 miliar kepada NASA. Kongres AS menargetkan NASA dapat merampungkan habitation module pada 2018.

Sebelumnya, NASA kerap mengalami kendala pendanaan. Namun kini, mereka mendapat angin segar karena Kongres AS melihat misi NASA di luar angkasa merupakan prioritas.

Selain diberi alokasi dana untuk membangun rumah di Mars, kabarnya Kongres AS juga telah menyiapkan dana sebesar US$19,3 miliar untuk operasional NASA pada tahun 2016. Dana itu diyakini akan digunakan NASA untuk menerbangkan astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) secara mandiri pada 2017.

NASA sendiri diketahui merencanakan perjalanan awak manusia ke planet Mars pada tahun 2030 menggunakan pesawat antariksa Orion. (ita)

Suka Artikel Ini? Klik Like

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section