1. HOME
  2. NEWS
INGGRIS

Dianggap Sudah Usang, Sistem Senjata Nuklir Inggris Mudah Diretas

Mantan Menteri Pertahanan Inggris memperingatkan bahwa sistem senjata nuklir negara itu yang nilainya mencapai 31 miliar pounds sudah usang.

By Desy Afrianti 29 November 2015 18:17
Rudal balistik Trident II D-5/Wikimedia Commons

Money.id - Mantan Menteri Pertahanan Inggris Lord Browne telah memperingatkan bahwa sistem senjata nuklir negara itu yang nilainya mencapai 31 miliar poundsterling sudah usang.

Kepada BBC, Lord Browne mengatakan sistem senjata nuklir Inggris, Trident, bisa dimatikan dengan mudah oleh peretas.

Mantan Menteri Buruh, yang menjadi Menteri Pertahanan antara tahun 2006 dan 2008, mengatakan "titik-titik lemah" di Trident perlu ditangani - jika tidak, Perdana Menteri David Cameron tidak akan dapat mengandalkan penangkal nuklir "ketika ia sangat membutuhkannya".

Trident, program nuklir Inggris, terdiri dari empat kapal selam kelas Vanguard dipersenjatai dengan rudal balistik Trident II D-5.

Ini adalah kemampuan paling kuat dari pasukan militer Inggris dengan biaya paling mahal yakni 31 miliar poundsterling.

Lord Browne mengatakan kepada editor politik BBC Laura Kuenssberg bahwa pemerintah Tory memiliki "kewajiban" untuk memastikan anggota parlemen bahwa semua aspek Trident telah diuji dari risiko serangan cyber dan langkah-langkah keamanan sudah sesuai pada tempatnya.

"Jika mereka tidak dapat melakukan itu maka tidak ada jaminan bahwa kita akan memiliki sistem pertahanan handal atau perdana menteri dapat menggunakan sistem ini ketika sangat membutuhkannya," ucapnya seperti dikutip dari laman businessinsider.

Namun, mantan Menteri Pertahanan dari Partai Konservatif Sir Malcolm Rifkind menolak risiko Trident menjadi usang.

"Inti dari senjata nuklir kami bukan pada apakah mereka akan bekerja - dijamin 100 persen - jika mereka benar-benar diperlukan," katanya kepada BBC. "Anda pikir mereka akan melakukan (serangan cyber).

"Pertanyaannya adalah apakah musuh akan siap untuk mengambil risiko jika melakukan serangan."

Lord Browne telah berkampanye melawan proliferasi senjata nuklir sepanjang karir politiknya melalui organisasi seperti Nuclear Threat Initiative.

Dalam organisasi itu dia menjabat sebagai wakil ketua, dan European Leadership Network for Multilateral Nuclear Disarmament and Non-proliferation.

Jeremy Corbyn, pemimpin Partai Buruh, menentang sistem senjata nuklir Trident dan mendesak partainya untuk memperbaharui sikap terhadap pencegahan nuklir.

Corbyn sedang berusaha untuk meyakinkan anggota parlemen Partai Buruh untuk abstain saat pemilihan House of Commons yang akan datang.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section