1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Daftar Negara Bebas Visa di Seluruh Dunia

Indonesia berada di urutan 79, sedangkan Timor Leste ada di posisi 57.

By Nur Chandra Laksana 10 Maret 2016 08:05
Ilustrasi Visa (wikipedia.com)

Money.id - Jika Anda ingin bepergian ke luar negeri, salah satu yang wajib untuk dibawa adalah paspor. Selain menjadi tanda bahwa Anda pernah menginjakkan kaki di negara lain, paspor juga memiliki fungsi sebagai tanda pengenal Anda di negara lain.

Namun tahukah Anda, ternyata paspor yang diterbitkan oleh beberapa negara memiliki 'kekuatan' yang memungkinkan pemiliknya melakukan perjalanan ke luar negeri tanpa visa. 

Dilansir dari laman CNN, kekuatan ini disusun oleh perusahaan konsultasi perjalanan Henley and Partners yang berbasis di London dan bersama dengan International Air Transport Association.

Kedua institusi itu sudag bertahun-tahun memeringkat negara-negara yang mempermudah warganya melakukan perjalanan ke luar negeri tanpa mengurus visa.

Untuk saat ini, paspor yang dikeluarkan pemerintah Jerman adalah paspor terkuat saat ini. Dengan paspor Jerman, wisatawan bisa masuk ke 177 dari 218 negara dan wilayah tanpa visa, menurut Visa Restrictions Index 2016.

Namun untuk saat ini, Amerika, yang berada di peringkat pertama pada 2014 dan 2015, kini turun di posisi keempat. Sedangkan Swedia berada di peringkat kedua dengan memberikan akses 176 negara tanpa visa.

Finlandia, Perancis, Italia, Spanyol, dan Inggris - yang telah menduduki puncak daftar sejak 2013 - di tahun 2016 ini sama-sama menduduki posisi ketiga, membuat warga Eropa Utara dan Barat memiliki hak istimewa dalam melakukan perjalanan internasional.

Jepang dan Korea Selatan yang berada di antara kelompok tiga besar pada tahun 2014 dan 2015, merosot ke posisi lima dan enam tahun ini.

Sama dengan peringkat Amerika, Belgia, Denmark, dan Belanda berada di posisi empat dalam Visa Restrictions Index 2016.

Sementara itu di bagian bawah daftar, negara-negara seperti Afghanistan, Pakistan, Irak, Somalia dan Suriah, dilabeli sebagai negara dengan 'paspor terburuk'.

Yang mengejutkan dari daftar Visa Restrictions Index 2016 ini adalah munculnya Timor Leste yang menduduki posisi 57. Negara yang mendapat kemerdekaannya pada 1999 itu naik sebanyak 33 spot dari posisi sebelumnya.

Kenaikan mencolok Timor Leste ini mungkin dipengaruhi oleh ditandatanganinya kesepakatan bebas visa dengan Eropa pada Mei 2015 lalu.

Sementara Indonesia sendiri hanya mampu menempati posisi 79 dalam daftar tersebut.

"Kriteria yang mendorong sebuah negara menerbitkan paspor bebas visa untuk negara lain di antaranya adalah hubungan diplomatik, perjanjian mengenai visa antara kedua negara, risiko keamanan, dan risiko penyalahgunaan visa," kata perwakilan Henley and Partners.

Negara-negara kaya terus mendorong warganya agar bisa bebas berkunjung ke luar negeri di seluruh dunia. Sementara negara-negara yang dilanda perang dan konflik tetap terjebak di anak tangga paling bawah dalam daftar.

Berikut daftar 10 paspor paling kuat beserta jumlah negara atau wilayah yang bisa dimasuki tanpa visa.

1. Jerman - 177 Negara

2. Swedia - 176 Negara

3. Finlandia, Perancis, Italia, Spanyol, Inggris - 175 Negara

4. Belgia, Denmark, Belanda, AS - 174 Negara

5. Austria, Jepang, Singapura - 173 Negara

6. Kanada, Irlandia, Luksemburg, Norwegia, Portugal, Korea Selatan, Swiss - 172 Negara

7. Yunani, Selandia Baru - 171 Negara

8. Australia - 169 Negara

9. Malta - 168 Negara

10. Republik Ceko, Hungaria, Islandia - 167 Negara

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section