1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Cara Melihat 5 Planet Sejajar di Langit dengan Mata Telanjang

Lima planet yang muncul sejajar itu adalah fenomena langka.

By Stella Maris 29 Januari 2016 09:30
Fenomena langka, lima planet sejajar di langit (Astronomy Magazine)

Money.id - Pada 15 Desember 2004 sampai 15 Januari 2005, lima planet sejajar terlihat di langit. Kini fenomena langka itu muncul lagi dan penampakan tersebut dapat dilihat dengan mata telanjang.

Bagaimana caranya? Anda hanya perlu bangun pagi sebelum langit terang atau satu jam sebelum matahari terbit.

Selama lima minggu atau mulai 20 Januari sampai 20 Februari 2016, satu per satu planet akan muncul dari belahan bumi utara dan terlihat semakin jelas. 

Mulai dari Jupiter yang mulai muncul dini hari, lalu Mars sekitar pukul 03.00, kemudian Saturnus. Menyusul planet yang paling terang, Venus hingga Merkurius.

Selain lima planet tersebut, penampakan bintang seperti Antare dan Spica juga terlihat secara kasat mata. Namun banyaknya bintang yang bersebelahan dengan planet di langit, mungkin akan membingungkan Anda.

Nah, untuk membedakan antara bintang dan planet mudah saja. Coba Anda menutup satu mata, kemudian arahkan tangan dengan jempol ke satu titik di langit.

Bila jempol yang didekatkan ke titik tersebut berkedip cepat, itu adalah bintang. sebaliknya, kalau titik itu berkedip sangat lambat, itu adalah planet.

 Mudah kan? Selamat berburu lima planet besok subuh ya. (ita)

 

(sm/sm)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From News Section