1. HOME
  2. NEWS
HELIKOPTER JOKOWI

Canggih Mana Helikopter Jokowi atau Obama?

Helikopter Obama seharga US$400 juta atau setara Rp5,5 triliun.

By Rohimat Nurbaya 25 November 2015 08:31
Helikopter VH-3D Sea King (Foto: military.com)

Money.id - Pembelian helikopter kepresidenan Joko Widodo Agusta Westland AW101 VIP menuai protes, terutama di kalangan anggota DPR. Pembelian helikopter seharga US$55 juta atau setara Rp753 miliar itu dianggap kemahalan.

Heboh pembelian helikopter kepresidenan itu bukan hanya terjadi di Indonesia, di Amerika Serikat juga demikian.

Saat negara adidaya itu akan membeli helikopter kepresiden seharga US$400 juta atau setara Rp5,5 triliun dianggap kemahalan.

(Helikopter VH-3D Sea King/Foto: military.com)

Dikutip dari military.com, helikopter Barack Obama itu merupakan tipe VH-3D Sea King Marine One. 

Operasional pesawat tersebut dilakukan oleh dua kesatuan militer di sana, yakni US Navy atau angkatan laut Amerika Serikat dan United States Marine Corps (USMC).

BACA JUGA: Mengintip Kecanggihan Helikopter Blusukan Jokowi Seharga Rp753 Miliar

Pesawat itu memiliki panjang keseluruan 22 meter, kemudian panjang badan 16,5 meter. Tinggi helikopter tersebut mencapai 4 meter.

Serta memiliki berat sekitar 97 kilogram. Helikopter tersebut mampu mencapai kecepatan maksimal 259 kilometer per jam. Helikopter itu digerakkan dengan dua mesin general electric T58-GE-400B turnoshaft engines.

Pesawat itu bisa digunakan di segala cuaca, baik itu siang ataupun malam. Kemudian dibekali sistem navigasi sendiri, GPS, TACS dan tidak membawa senjata sama sekali. (poy)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section