1. HOME
  2. NEWS
VIRUS CORONA

Kru Kapal Asing Diisolasi RSUD Dumai

Demam yang tak kunjung hilang menjadi alasan pemeriksaan.

By Ismoko 5 Maret 2020 13:01
Petugas Rumah Sakit Umum Daerah Pekanbaru Ketika Membawa Pasien Terindikasi Virus Corona Ke Ruang Isolasi. (Liputan6.com/M Syukur)

Petugas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai, Provinsi Riau, mengisolasi seorang pekerja bongkar muat di kapal asing dan baru saja pulang dari Singapura.

Dinas Kesehatan Provinsi Riau sudah berkoordinasi dengan laboratorium untuk mengetahui pasien tadi positif atau negatif terjangkit virus.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Dumai, dr Syaiful mengatakan, pasien itu melakukan bongkar muat di kapal asing Hongkong pada 26 Januari 2020.

Pada 12 Februari 2020, dia juga melakukan bongkar muat di kapal Filipina. Kapal ini pernah singgah di Singapura. 

Lalu pada 17 Februari 2020, dia kembali melakukan bongkar muat kapal Rusia yang juga kapal tersebut pernah ke Singapura.

" Sebagaimana diketahui, Singapura dan Hongkong merupakan negara terjangkit virus corona," kata Syaiful, Rabu, 4 Februari 2020.

Demam yang Tak Kunjung Hilang

Pasien mulai mengalami demam tinggi dan berobat di klinik swasta di Kota Dumai pada 20 Februari 2020. Demam yang tak kunjung hilang membuat pasien kembali berobat di Puskesmas Jaya Mukti pada 26 Februari 2020.

" Saat menjalani perawatan di Puskesmas Jaya Mukti dia menceritakan kontak langsung dengan kru kapal asing. Puskesmas lalu melaporkan ke kami," kata dia.

Mengetahui hal itu, tim medis dari Dinas Kesehatan dan RSUD Dumai berkonsultasi dengan dokter spesialis paru-paru terkait penyakit yang dialami pasien tersebut pada 28 Februari hingga 2 Maret 2020.

Tim medis memutuskan menjemput pria tadi ke rumahnya untuk diisolasi pada 3 Maret 2020. Salah satu pertimbangan adalah demam tinggi yang dialami pasien tak kunjung turun.

" Tim menyatakan pasien sebagai suspect virus corona dan kami jemput ke rumahnya dengan ambulans khusus, saat ini dirawat di ruang isolasi RSUD Dumai," kata dia.

Sumber: Liputan6.com/M. Syukur

 

 

 

(i)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section