1. HOME
  2. NEWS
GERHANA MATAHARI TOTAL

Bahaya Melihat Gerhana Matahari dengan Mata Telanjang

Saat terjadi gerhana, matahari memancarkan radiasi inframerah , radiasi ultraviolet (UV), serta cahaya biru berlebihan.

By Adhi 8 Maret 2016 12:24
Lapan.go.id

Money.id - Rabu, 9 Maret 2016, akan menjadi hari yang sangat spesial. Pasalnya, fenomena alam yang amat langka bakal terjadi, yakni gerhana matahari total. 12 provinsi di Indonesia menjadi wilayah yang bakal dilintasi.

Banyak pernyataan yang menyebutkan bahwa melihat gerhana matahari total dengan mata telanjang sangat berbahaya. Bahkan, dapat menyebabkan kebutaan. Apakah benar?

Jawabannya adalah benar. Menurut penjelasan Badan Litbang Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), fenomena gerhana matahari sendiri terdiri dari 4 fase; gerhana matahari total, anular, parsial dan hibrida.

Fase paling berbahaya untuk dilihat secara langsung dengan mata telanjang adalah bagian terkecil dari gerhana parsial, termasuk gerhana anular, yakni momen tepat sebelum dan segera setelah gerhana mencapai fase total.

Balitbang Kesehatan Kemenkes memperingatkan bahwa melihat fase-fase tersebut dengan mata telanjang dapat mengakibatkan kerusakan pada retina mata. Sebab, saat terjadi gerhana, matahari memancarkan radiasi inframerah yang memberikan efek panas pada mata, radiasi ultraviolet (UV), serta cahaya biru (blue light) yang berlebihan.

Dijelaskan lebih lanjut, paparan inframerah dan UV yang berlebihan diyakini dapat menyebabkan sunburn pada kornea, atau permukaan luar mata. Sementara, paparan blue light berlebih dapat mengakibatkan degenerasi makula dan kebutaan periodik.

Lalu, bagaimana cara melihat gerhana matahari yang aman?

Balitbang Kesehatan Kemenkes menerangkan bahwa cara paling aman adalah dengan melihat pantulan bayangan gerhana matahari melalui permukaan air.

Selain itu, menurut arahan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), melihat gerhana matahari secara aman juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan kacamata khusus gerhana, kacamata las, atau dengan kacamata hitam yang memliki kualitas baik.

Baca Juga

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section