1. HOME
  2. NEWS
TOKOH WAFAT

Adnan Buyung Nasution Dimakamkan Secara Militer

Sebelumnya keluarga menggelar upacara adat Batak untuk mengantar Buyung ke peristirahatan terakhir.

By Dwifantya Aquina 24 September 2015 09:14
Adnan Buyung Nasution (abnp.co.id)

Money.id - Jenazah Adnan Buyung Nasution dimakamkan hari ini, Kamis 24 September 2015, setelah salat Idul Adha di Taman Pemakaman Umum Tanah Kusir Blok AA II, Jakarta Selatan. Advokat senior itu rencananya akan dimakamkan di samping makam putra pertamanya, Iken Basya Rinanda Nasution, yang meninggal pada 1977 silam.

Sebelum dimakamkan, jenazah Adnan Buyung akan disalatkan di rumah duka, Jalan Poncol Lestari, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Kemudian, usai salat jenazah akan dilaksanakan serangkaian upacara adat Batak.

Upacara adat ini disesuaikan dengan budaya di mana Adnan Buyung berasal, yakni Mandailing, Tapanuli Selatan. Dalam upacara adat tersebut, pihak keluarga mengenang sosok Adnan sebagai suami, ayah, kakek dan abang.

"Kepergian Adnan Buyung Memukul Kita Semua"

Pihak keluarga juga menceritakan perjuangan Adnan sejak masih menjadi aktivis, perjuangannya di masa Orde Baru, hingga menjadi advokat dan membangun Lembaga Bantuan Hukum. Suasana penuh haru mendengarkan sambutan yang disampaikan oleh para perwakilan keluarga dan kerabat.

Setelah upacara adat, akan dilanjutkan dengan upacara protokoler penyerahan jenazah kepada negara. Menko Perekonomian Darmin Nasution didaulat memimpin upacara tersebut.

Sang Lokomotif Demokrasi akan dimakamkan secara militer. Para prajurit TNI sudah berbaris rapi di depan rumah duka bersama mobil jenazah militer, siap mengantar tokoh hukum dan hak azasi manusia ini ke peristirahatan terakhirnya.

Sebelum Wafat, Adnan Buyung Tinggalkan Pesan di Secarik Kertas

Adnan Buyung Nasution meninggal dunia pada Rabu 23 September 2015, di ruang ICCU Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta. Ia menderita sakit komplikasi jantung dan paru-paru, setelah sebelumnya mengalami gagal ginjal.

(da/da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From News Section