1. HOME
  2. NEWS
KORUPSI

5 Wanita Cantik di Pusaran Kasus Korupsi

Kasus korupsi daging sapi memang sempat menggemparkan tanah air.

By Dwifantya Aquina 12 November 2015 10:24
Empat dari sekian banyak wanita yang pernah dikaitkan dengan kasus korupsi

Money.id - Beberapa kasus korupsi yang menjerat petinggi di Indonesia ikut melibatkan wanita-wanita cantik. Di antara mereka bahkan namanya sudah populer, baik dari kalangan artis, dunia model, maupun pejabat.

Salah satu kasus yang sempat menjadi sorotan karena deretan wanita yang terlibat di dalamnya adalah korupsi impor daging sapi, yang membelit Ahmad Fathanah. Dalam perjalanan pengusutan kasus suap itu, Komisi Pemberantasan Korupsi menduga kolega mantan presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq itu 'menyawer' uang yang diduga dari hasil korupsi ke sejumlah pihak.

Menariknya, sejumlah perempuan cantik ada di sekitar pusaran uang Fathanah.

Selain Fathanah ada pula kasus korupsi yang melibatkan Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan, adik kandung mantan Gubernur Banten, Ratu Atut Choisiyah. Publik menyorot kasus tersebut bukan hanya lantaran rangkaian skandal korupsi keluarga yang dilakukannya, namun juga munculnya nama beberapa wanita, termasuk istri Wawan, yang tak lain adalah Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany.

Berikut ini beberapa nama wanita yang sempat heboh diberitakan menerima aliran uang dari tindak pidana pencucian uang.

1. Maharani Suciyono

Mahasiswi Universitas Moestopo (Beragama), Jakarta ini sempat diciduk bersama Ahmad Fathanah di Hotel Le Meridien, Jakarta, 29 Januari 2013. Dari tangan Maharani (19), KPK menemukan uang Rp10 juta yang menurut pengakuan Maharani diberi Fathanah.

Maharani kemudian mengembalikan uang Rp10 juta itu ke KPK. Dari operasi tangkap tangan ini, penyidik menyita uang Rp1 miliar. Setelah pemeriksaan intensif, KPK menilai Maharani tidak terlibat dalam rangkaian suap kuota impor daging sapi.

2. Siti Khadijah Azhari alias Ayu Azhari

Nama Siti Khadijah Azhari pertama kali muncul di media saat KPK menjadwalkan pemeriksaan sejumlah saksi untuk tersangka Ahmad Fathanah, Rabu 1 Mei lalu. Siti Khadijah Azhari adalah nama asli artis Ayu Azhari.

Ayu Azhari kemudian mengembalikan uang pemberian dari Ahmad Fathanah sebesar Rp20 juta dan US$1.800 dalam bentuk tunai kepada penyidik KPK. Uang tersebut adalah pemberian Fathanah agar Ayu menghibur di sejumlah acara. "Ayu Azhari telah dikasih duluan, setelah ditunggu-tunggu kapan pertunjukannya tidak jadi, sehingga ia mengembalikan dalam bentuk tunai," katanya.

Menurut Budi, uang tersebut merupakan uang muka Ayu Azhari untuk tampil di sejumlah acara PKS. Namun belakangan, PKS membantah pernah mengundang Ayu untuk acara partai.

3. Vitalia Sesha

Model seksi ini mencuat setelah KPK menyita mobilnya, Honda Jazz putih, pekan lalu, dengan nomor polisi B 15 VTA. Kepada penyidik, model majalah dewasa Popular ini mengaku mobil itu dia terima dari Fathanah.

Selain mobil, KPK juga menyita jam tangan mewah merk Chopard seharga Rp70 juta dari Vitalia. Menurut pengakuannya, barang itu juga pemberian dari rekan dekat mantan Presiden PKS, Luthfi Hasaan Ishaaq tersebut.

"Menurut pengakuan yang bersangkutan, hubungannya dengan AF adalah teman. Jadi sama teman boleh memberi," kata juru bicara KPK Johan Budi mencontohkan kesaksian Vita tersebut.

4. Septi Sanustika

Nama Septti Sanustika mencuat ketika diketahui sebagai istri Ahmad Fathanah. Rumah tangganya dengan Fathanah dikaruniai seorang anak yang kala itu masih berusia 2 bulan. Septi mengaku awal kenal dengan Fathanah pada Juni 2011 dan menikah pada Desember 2011. Wanita yang berprofesi sebagai penyanyi dangdut ini mengaku sebagai satu-satunya istri resmi Fathanah, karena dua istri sebelumnya sudah diceraikan.

Saat penangkapan Fathanah bersama Maharani, Septi sedang hamil tua dan tinggal di Apartemen Margonda Residence karena rumahnya di Pesona Khayangan yang baru dibeli seharga Rp5,4 miliar sedang direnovasi.

Sejumlah aset Septi dan Fathanah disita oleh KPK, di antaranya rumah di Permata Depok, Cluster Berlian 2, Blok H2 Nomor 15, Depok, Jawa Barat, atas nama Septi Sanustika. KPK juga menyita sebuah rumah di perumahan Pesona Khayangan Blok BS Nomor 5, Depok, Jawa Barat.

Selain itu juga disita empat buah mobil yakni Toyota FJ Cruiser hitam bernomor polisi B 1330 SZZ, Toyota Alphard putih bernomor polisi B 53 FTI, Toyota Land Cruiser Prado TX hitam bernomor polisi B 1739 WFN, dan Mercedes-Benz C 200 hitam bernomor polisi B 8749 BS.

KPK juga menyita cincin pernikahan berupa berlian yang diberikan Fathanah. Perhiasan berupa kalung, cincin dan gelang emas milik pribadinya pun ikut disita KPK. Septi sendiri kini kembali ke dunia hiburan demi menghidupi anaknya setelah Fathanah ditahan.

5. Tri Kurnia Rahayu

Fathanah mengaku dekat dengan Tri sehingga bersedia memberikan sejumlah uang ataupun barang. Bahkan dia tak sungkan menyebut pedangdut yang juga sahabat istrinya sendiri itu sebagai 'Teman Tapi Mesra'.

Tri pernah menerima uang tunai sebesar Rp5 juta di sebuah rumah makan konro di Kemang, Jakarta Selatan. Selain itu, dia juga pernah menerima uang US$20 ribu atau setara Rp200 juta, yang kemudian dibelikan mobil Honda Freed bernomor polisi B-881-LAA. Mobil itu dibeli di showroom di Bintaro atas saran Fathanah.

Tri Kurnia menyerahkan uang pemberian Fathanah sebesar Rp400 juta ke KPK. Tri berinisiatif mengembalikan uang pemberian Fathanah tersebut setelah diperiksa sebelumnya.

Tri Kurnia sempat dilabarak oleh Septi Sanustika, karena dianggap menikam dari belakang. Septi tidak mengira kalau sahabatnya itu menerima banyak pemberian dari suaminya.

 

 

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section