1. HOME
    2. NEWS
FINANCE

4 Alasan Mengapa Sales Properti Selalu Bilang 'Senin Harga Naik'

By Stella Maris 27 Desember 2016 19:34
Dipengaruhi Jasa Pekerja

2. PBB dan NJOP
Faktor lain yang menyebabkan pengembang harus menyesuaikan harga adalah perubahan nominal Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) berikut Nilai Jual Objek Pajak (NJOP).

"Bila harga tanah berubah, harga jual juga pasti berubah. Kenapa naik di awal tahun? Ini biasanya karena dasar pengenaan PBB sudah terbit di Februari," terang Stephanie.

3. BBM Naik
Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) serta bahan baku bangunan juga mempengaruhi strategi developer. "Itu seperti alur otomatis. Setiap ada koreksi harga BBM atau material bangunan, ya mau tidak mau harga jual properti ikut naik. Mengingat keduanya masuk perencanaan biaya produksi."

Selain itu, Wasudewan selaku Country Manager Rumah.com menambahkan, kenaikan harga properti di Indonesia umumnya disebabkan kenaikan harga bangunan dan upah pekerja. Hal itu diungkapkannya berdasarkan data Survei Harga Properti Residensial Bank Indonesia.

"Sepanjang kuartal tiga tahun 2016, properti di Surabaya mengalami peningkatan harga tertinggi. Sementara perumahan di Denpasar, Palembang dan Pontianak mengalami penurunan."

BACA JUGA

 

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section