1. HOME
  2. NEWS
NEWS

12 Provinsi di Indonesia Dilintasi Gerhana Matahari Total

Ribuan ilmuwan dan wisatawan pecinta astronomi akan datang ke Indonesia menyaksikan peristiwa langka itu.

By Dwifantya Aquina 18 Januari 2016 11:03
Gerhana Matahari Total (Lapan.go.id)

Money.id - Indonesia akan menjadi pusat perhatian dunia. Pasalnya, gerhana matahari total akan melintasi 12 provinsi di Indonesia pada 9 Maret 2016.

Ketika itu, pagi hari di sebagian wilayah Nusantara akan berubah gelap bak malam purnama. Meski hanya hitungan menit.

12 Provinsi yang akan mengalami peristiwa langka ini adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

"Gerhana matahari total di bagian timur Indonesia akan berlangsung sekitar 3 menit pukul 09.00 waktu setempat. Sedangkan di bagian barat akan berlangsung sekitar 2 menit pukul 07.30 WIB," ujar Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaludin.

Sementara, menurut dia, di area lain seperti Pulau Jawa, teramati gerhana matahari sebagian.

Pantas saja peristiwa penting ini dinantikan oleh banyak ilmuwan di seluruh dunia. Laman Earth Sky melansir, bahwa lebih dari 3.000 ilmuwan dari seluruh dunia akan datang ke Palu untuk mengobservasi gerhana matahari.

"Selama 2 menit pada 9 Maret 2016 pagi, Palu akan menjadi pusat sains dunia," kata Marsetyo dari Universitas Tadulako di Palu.

Sementara, sejumlah perusahaan luar negeri mengincar momentum gerhana matahari total di Indonesia untuk pariwisata. Banyak travel yang menawarkan para turis peminat astronomi (astro-tourist) untuk berwisata ke wilayah terpencil di Maluku untuk menyaksikan detik-detik terjadinya gerhana matahari.

Jalur totalitas gerhana membentang dari Samudra India hingga utara Kepulauan Hawaii, Amerika Serikat. Jalur gerhana itu selebar 155-160 kilometer dan terentang sejauh 1.200-1.300 kilometer.

Di pusat jalur gerhana, gerhana total terpendek terjadi di Seai, Pulau Pagai Selatan, Sumatera Barat, selama 1 menit 54 detik dan terpanjang di Maba, Halmahera Timur, Maluku Utara, selama 3 menit 17 detik.

Totalitas gerhana terlama terjadi di satu titik di atas Samudra Pasifik di utara Papua Nugini selama 4 menit 9 detik.

 

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section