1. HOME
  2. NEWS
NEWS

10 Negara Asia Paling Kuat, Tiongkok Terhebat (II)

Di Asia ada 10 negara dengan militer terkuat di dunia. Kekuatan itu dihitung dari Power Index (PwrIndx) scores provided dari Global Firepower.

By Rohimat Nurbaya 12 November 2015 12:54
Pasukan militer Australia (Foto: marines.mil)

Money.id - Militer menggambarkan kekuatan suatu negara.  Di Asia ada 10 negara dengan militer terkuat di dunia. Kekuatan itu dihitung dari Power Index (PwrIndx) scores provided dari Global Firepower.

Militer memiliki peran utama untuk menjaga kedaulatan bangsa dan negara.  Dikutip dari asianrangking.com, berikut 5 negara lainnya:

Baca Juga: 10 Negara Asia Terkuat, Indonesia Kalahkan Australia - 1

5. Jepang

(Foto: asianrangking.com)

Negara ini memiliki Power Index sebebsar 0.5581. Jepang merupakan negara dengan anggaran militer terbesar kedelapan di dunia.

Kekuatan militer mereka digunakan untuk pertahanan diri dan perdamaian. Pasukan Jepang sudah dikirim ke Irak sejak perang dunia kedua.

4. Korea Selatan

(Foto: asianrangking.com)

Negara ini memiliki Power Index 0.5536. Korea selatan merupakan negara dengan anggaran pertahanan terbesar kesepuluh di dunia.

Negara dengan julukan Negeri Ginseng itu menganggarkan 2,6 persen anggaran Gross Domestic Product (GDP) serta 15 persen dari seluruh anggaran untuk militer.

Korea Selatan merupakan negara keenam di dunia yang memiliki tentara terbannyak. Jumlah tentara mereka mencapai 650 ribu orang.

3. Turki

(Foto: asianrangking.com)

Negara ini memiliki Power Index 0.5171. Turki diperkirakan memiliki 495 ribu tentara. Mereka memiliki kekuatan bersenjata kedua di NATO.

Angkatan bersenjata Turki terdiri dari Angkatan Darat, Laut dan Udara, Turki merupakan salah satu dari lima negara anggota NATO yang menyetujui kebijakan sistem pertahanan misil.

2. India

(Foto: asianrangking.com)

Negara ini memiliki Power Index 0.3872. India merupakan negara ketiga terbesar di dunia dengan kekuatan militer terbanyak.

Negara ini berada di peringkat kesembilan memiliki pengeluaran militer terbanyak. India telah memberikan 100 ribu anggota militer dan polisi untuk melayani 35 operasi penjaga perdamaian PBB di empat benua.

1. Tiongkok

(Foto: asianrangking.com)

Negara ini memiliki Power Index 0.2594. Tiongkok memiliki 2,3 juta tentara aktif. Kekuatan senjata nuklir negeri Tirai Bambu sudah diakui di seluruh dunia.

Negara ini sangat berpotensi jadi negara adidaya di kawasan Asia. Mereka juga sudah dikembangkan sistem rudal canggih selama bertahun-tahun.

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section