1. HOME
  2. NEWS
NEWS

10 Fakta Mengerikan Saat Malam Tenggelamnya Kapal Titanic

Berikut ini 10 fakta mengerikan saat malam kapal Titanic tenggelam.

By Azalia Amadea 25 Juli 2016 10:05
Kapal Titanic (elitedaily.com)

Money.id - Sampai saat ini, kebanyakan orang tahu tentang sejarah Kapal Titanic dari film Titanic yang dirilis tahun 1998 yang melambungkan nama pemeran utamanya, Leonardo Dicaprio dan Kate Winslet. Namun tidak banyak yang mengetahui fakta-fakta mengerikan dari tragedi terbesar yang terjadi di laut sepanjang sejarah.

Melansir laman omgfacts.com, berikut ini 10 fakta mengerikan saat malam kapal buatan Harland & Wolff Heavy Industries, Inggris itu, menabrak gunung es dan akhirnya tenggelam.

1. Ada penumpang berkebangsaan Jepang yang lolos dari tragedi mengerikan itu. Tapi ketika ia kembali ke Jepang, ia merasa malu dan mengatakan ia seharusnya ikut tenggelam bersama Titanic di Samudra Atlantik Utara.

2. Salah satu momen paling emosional dari film Titanic adalah ketika anggota band terus bermain untuk menenangkan penumpang meski kapal perlahan-lahan tenggelam. Dan ini benar-benar terjadi. Mereka bermain selama berjam-jam setelah kapal menabrak gunung es.

3. Jika saja gunung es terlihat 30 detik sebelum kapal menabraknya, dan kapten kapal segera diberitahu, kecelakaan dapat dihindari.

4. Milton Hershey, orang di belakang salah satu perusahaan cokelat terbesar sepanjang masa, memiliki tiket untuk naik Titanic, namun ia mengubah rencananya pada detik-detik terakhir karena urusan bisnisnya.

5. Empat cerobong asap Titanic selalu digambarkan mengeluarkan asap dan menjadi begitu terkenal. Tapi tahukah Anda bahwa yang keempat itu bahkan tidak berfungsi dan dibuat hanya untuk hiasan.

6. Titanic menjadi satu-satunya kapal laut dalam sejarah yang tenggelam oleh gunung es.

7. Sebenarnya ada rencana semacam latihan menggunakan sekoci sehari sebelum kapal tenggelam. Latihan itu memungkinkan penumpang bisa benar-benar mempraktekkan apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat, namun sayangnya latihan itu dibatalkan.

8. Gunung es terkenal yang membuat Titanic bertekuk lutut telah ada sejak sekitar 1.000 tahun sebelum masehi.

9. Anggaran untuk membuat film Titanic yang disutradarai oleh James Cameron sebenarnya lebih tinggi dari anggaran yang dihabiskan untuk membangun kapal tersebut.

10. SS Californian, kapal lain yang melewati Atlantik malam itu, berada tidak jauh dari Titanic. Sayangnya, SS Californian tidak bisa menangkap panggilan bahaya atau merespon sinyal roket yang dikirim Titanic sehingga tidak dapat menyelamatkan banyak penumpang.

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section