1. HOME
  2. INSPIRATORY
ORANG TERKAYA

Mereka Kaya Raya Berkat Menulis

Dalam setahun para penulis ini berhasil menghasilkan total uang triliunan rupiah. Siapa saja mereka?

By Dwifantya Aquina 15 Februari 2017 09:06
JK Rowling (startribune)

Money.id - Buku bisa membawa penikmatnya melarikan diri dari stres bahkan menginspirasi untuk mengubah kehidupan. Lebih dari itu, buku punya kekuatan untuk membuat penulisnya makmur.

Forbes sempat merilis daftar penulis dengan bayaran tertinggi, terlihat dari pemasukan mereka (sebelum pajak) dari buku hingga adaptasi ke film maupun televisi. Sepanjang 1 Juni 2015 – 1 Juni 2016, para penulis yang masuk daftar itu mampu menghasilkan total US$269 juta atau sekitar Rp3,5 triliun.

Inilah daftar orang-orang yang bisa kaya dengan menulis dan jumlah pemasukan mereka pada periode tersebut seperti dikutip dari CekAja.com.

James Patterson (US$ 95 juta)

James Patterson adalah pengarang dengan bayaran tertinggi pada kurun waktu tersebut. Karyanya yang terpopuler adalah seri novel kriminal Alex Cross. Novel perdananya The Thomas Berryman Number rilis pada 1976.

Jeff Kinney (US$ 19,5 juta)

Jeff Kinney adalah penulis buku anak-anak yang meraih sukses besar yaitu Diary of a Wimpy Kid. Buku ini hadir dalam beberapa judul antara lain Diary of a Wimpy Kid: Dog Days dan Diary of a Wimpy Kid: The Ugly Truth.

JK Rowling (US$ 19 juta)

Sebelum meraih kesuksesan, cerita Harry Potter sempat mendapat penolakan dari berbagai penerbit. Siapa sangka, buku seri pertama Harry Potter langsung sukses begitu terjual di pasaran. Harry Potter seri-seri selanjutnya pun laris manis. Dengan angka penjualan buku yang fantastis, belum lagi pemasukan dari adaptasi Harry Potter ke dalam film, Rowling pun berhasil ada di jajaran orang-orang terkaya.

John Grisham (US$ 18 juta)

Pengacara yang beralih menjadi novelis kriminal John Grisham ini juga menghasilkan banyak uang dengan menulis. Karyanya juga menginspirasi film-film laris seperti The Firm dan The Pelican Brief.

Stephen King (US$ 15 juta)

Stephen King adalah pengarang novel sci-fi dan horor. Karyanya yang terkenal antara lain The Shining, It, dan Misery. (Baca juga: Tips Memilih Bunga Valentine yang Bakal Bikin Pasangan Semringah)

Danielle Steel (US$ 15 juta)

Danielle Steel telah menulis puluhan novel, antara lain Fine Things dan Daddy. Terdapat pula karyanya yang diadaptasi ke film atau televisi.

Nora Roberts (US$ 15 juta)

Nora Roberts menulis lebih dari 215 novel. Karyanya termasuk Bay of Sighs dan The Obsession yang rilis tahun lalu.

E. L James (US$ 14 juta)

E. L James adalah sosok yang menulis trilogi Fifty Shades. Fifty Shades merupakan fan fiction dari Twilight karya Stephenie Meyer.

Veronica Roth (US$10 juta)

Novelis dan pengarang cerita pendek asal Amerika ini terkenal lewat Divergent. Terdapat pula karyanya yang diadaptasi ke dalam film.

John Green (US$ 10 juta)

John Green adalah penulis Looking for Alaska, Paper Towns, The Fault in Our Stars, dan sederet karya-karya lainnya.

Paula Hawkins (US$10 juta)

Seperti penulis lain, Hawkins juga mendapatkan rezeki tambahan karena terdapat karya yang diangkat ke layar lebar. Penulis Inggris ini dikenal berkat novel yang rilis pada 2015 berjudul The Girl on the Train, novel ini diangkat ke layar lebar.

George R. R. Martin (US$ 9,5 juta)

George R. R Martin merupakan pencipta novel A Song Of Ice and Fire. Novel tersebut diadaptasi ke serial televisi Game of Thrones sehingga nama Martin makin melambung.

Rick Riordan (US$ 9,5 juta)

Dia menjadi orang kaya antara lain karena seri Percy Jackson and the Olympians, The 39 Clues, dan Tres Navarre.

Dan Brown (US$ 9,5 juta)

Dan Brown merupakan penulis novel The Da Vinci Code, Angels and Demonds, Inferno dan beberapa judul lainnya.

Baca Juga

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section