1. HOME
    2. INSPIRATORY
RIO HARYANTO

Menyusul Rio Haryanto, Pembalap Ini Diproyeksikan Berlaga di Moto2

Tahun ini Ali Adrian turun di ajang CEV International Championship 2016 kelas Moto2 European Championship.

By Rohimat Nurbaya 14 April 2016 18:41
Pembalap Indonesia, Ali Adrian (Facebook)

Money.id - Saat ini publik Indonesia dibuat bangga Rio Haryanto, pembalap Formula One (F1) kelahiran Surakarta, Jawa Tengah. Memang prestsi Rio di ajang tersebut belum terlihat menonjol, tapi pemuda berusia 23 tahun tersebut layak mendapatkan apresiasi karena jadi orang Indonesia pertama yang mencicipi arena balap jet darat paling bergengsi di dunia.

Selain Rio, ternyata ada pembalap Indonesia yang lain sedang meniti karier di arena adu cepat kelas internasional. Dia adalah pembalap motor Ali Adrian Rusmiputro. Tahun ini Ali Adrian turun di ajang CEV International Championship 2016 kelas Moto2 European Championship.

Kejuaran balap motor tersebut merupakan ajang yang selalu dijadikan 'batu loncatan' para pembalap motor di Eropa untuk menuju ajang balap motor paling bergengsi di dunia MotoGP. Apabila prestasi dan dana Ali Adrian sudah mumpuni, tahun depan dia diproyeksikan bisa balapan di ajang Moto2 (ajang balap motor satu tingkat di bawah MotoGP).

Pembalap Indonesia, Ali Adrian (Facebook)

Memang dana yang digelontorkan untuk olahraga semacam ini tidak sedikit, untuk balapan di ajang CEV International Championship 2016 kelas Moto2 European Championship selama satu musim saja butuh dana sebesar 1,5 juta euro atau sekitar Rp 22 miliar.

Sama seperti Rio Haryanto, saat ini Ali Adrian juga mendapat dukungan dari Pertamina. Perusahaan minyak pelat merah tersebut sudah mendukung Ali Adrian sejak 2014 lalu dan kontraknya akan berakhir pada 2016.

Sebenarnya Ali Adrian sudah diberikan tawaran untuk bergabung dengan tim Moto2 asal Spanyol 'Stop and Go Racing'. Tapi syaratnya Ali harus membawa sponsor dan dukungan dana. Untuk masuk ke Moto2 harus ada sponsor dengan dana US$2,5 juta setara dengan Rp36 miliar.

Pada 20 Januari lalu, Ali Adrian sudah bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi. Pemerintah pun memberikan dukungannya kepada pembalap kelahiran 29 September 1993.

"Ali ini sama dengan Rio Haryanto. Dia memiliki potensi besar menjadi rider MotoGP," kata Menpora.

Pembalap Indonesia, Ali Adrian (Facebook)

NEXT>>> Ali Adrian Berkarier di Eropa

 

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section