1. HOME
  2. INSPIRATORY
INSPIRATORY BISNIS

Tiga Anak Muda di Balik Keberhasilan YouTube

YouTube sudah dijual ke Google sejak 2006 senilai senilai US$1,65 miliar atau setara Rp22 triliun.

By Rohimat Nurbaya 11 Desember 2015 07:31
Chad Hurley/Steve Chen/Jawed Karim (wikipedia)

Money.id - YouTube merupakan website berbagi video. Situs tersebut kini berada di peringkat tiga besar website paling banyak dibuka oleh masyarakat di seluruh dunia.

YouTube didirikan oleh tiga anak muda, yakni Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Sebelumnya, mereka merupakan karyawan PayPal, alat pembayaran virtual.

Kemudian saham YouTube dijual ke Google, Inc. senilai US$1,65 miliar atau setara Rp22 triliun pada 16 Oktober 2006.

Awalnya pembuatan YouTube didanai sebuah perusahaan investasi bernama Sequoia Capital senilai US$11,5 juta atau setara Rp158 miliar. Tepatnya pada November 2005 hingga April 2006.

Tercatat 100 juta video klip dilihat setiap hari di YouTube, dengan tambahan 65.000 video baru diunggah setiap 24 jam.

1. Chad Hurley

Chad merupakan putra pasangan Don dan Joann Hurley kelahiran 21 Juli 1977. Dia tumbuh dekat Birdsboro, Pennsylvania. Sejak kecil Chad tertarik pada dunia seni, namun setelah SMA beralih ke komputer dan media elektronik.

Pada Juni 2006, dia masuk dalam 'Jajaran Orang Paling Berpengaruh di Dunia' versi majalah Bisnis 2.0. Saat itu Chad menempati urutan ke-28.

2. Steve Chen

Chen merupakan pengusaha internet keturunan Taiwan-Amerika. Pria kelahiran 18 Agustus 1978 ini dibesarkan di Taiwan. Chen dan keluarganya kemudian berimigrasi ke Amerika Serikat ketika ia berusia 15 tahun.

Setelah lulus dari University of Illinois di Urbana-Champaign, ia kemudian bekerja di PayPal di mana ia bertemu Chad Hurley dan Jawed Karim.

Saat mendirikan YouTube Chen menjabat sebagai Chief Technology YouTube. YouTube dengan cepat tumbuh menjadi salah satu web situs terpopuler di dunia

3. Jawed Karim

Karim lahir di Merseburg, Jerman Timur, pada 1979 dan pindah ke Jerman Barat pada 1980. Ayahnya, Naimul Karim, adalah peneliti asal Bangladesh. Kemudian ibunya, Christine Karim, seorang ilmuwan Jerman dan profesor riset biokimia di University of Minnesota.

Dia merupakan keturunan Bangladesh-Jerman. Nama 'Jawed' berasal dari bahasa Persia Lama yang berarti "abadi".

Karim lahir di Jerman Timur, tetapi dia dan keluarga melintasi Tembok Berlin dan besar di Jerman Barat. Dia pindah ke Amerika Serikat bersama keluarganya pada 1992. Saat itu bertepatan dengan dua tahun setelah reunifikasi antara Jerman Barat dan Jeman Timur.

Dia lulus dari Sekolah Tinggi di Minnesota dan dia kuliah di University of Illinois di Urbana-Champaign.

Dia meninggalkan kampus sebelum lulus, lalu memilih jadi seorang karyawan awal di PayPal. Sambil bekerja dia melanjutkan sekolah dan mendapatkan gelar Bachelor of Science dalam ilmu komputer pada 2004. (dwq)

(Berbagai sumber)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section