1. HOME
  2. INSPIRATORY
INSPIRATORY BISNIS

Mari Belajar dari 'Ratu' Bisnis asal India, Nita Ambani

Dari 'Ratu' bisnis India ini kita dapat belajar..

By Abdul Kharis 17 April 2016 10:15
Nita Ambani (youtube.com)

Money.id - Nita Ambani adalah 'Ratu' bisnis asal India yang merupakan direktur dewan komisaris Reliance Industries dan pendiri sekaligus chairman badan amal Reliance Foundation.

Mengutip dari forbes.com, Sabtu, 16 April 2016, Nita adalah istri dari MukeshAmbani, miliarder India yang mendirikan Reliance JioInfocomm, perusahaan raksasa minyak dan gas bumi. Di perusahaan suaminya itu, Nita lebih banyak terlibat di bagian pemasaran dan strategi.

Seorang penulis, India Shobhaa De mengatakan, Nita telah bertransformasi menjadi seorang 'ratu' dalam bisnis keluarga suaminya.

"Kecerdasan alamiah dan kecepatannya dalam menggenggam kekuatan telah membantunya," kata Shobhaa.

Nita memiliki peran penting dalam bisnis sangat banyak. Terlepas dari mengawasi bisnis olahraga Reliance, seperti tim kriket Mumbai India dan usaha patungan dengan perusahaan manajemen olahraga IMG, dia juga memimpin Reliance Foundation, badan amal perusahaan.

Dia mengawasi sekolah K-12 elit di Mumbai yang diresmikan pada 2003 menggunakan nama almarhum ayah mertuanya DhirubhaiAmbani. Nita juga duduk di dewan EIH, perusahaan yang menjalankan jaringan hotel mewah Oberoi, yang 18% sahamnya dikuasai oleh Reliance.

"Selama bertahun-tahun Nita telah memperluas ambisinya dan berkembang menjadi jangkar bagi Mukesh. Dia menjalani semuanya dengan diam-diam dan bisa memenuhi segalanya," kata K.V. Kamath, bankir yang bekerja lama untuk Reliance.

Mukesh sendiri sangat bangga dengan cara-cara elegan istrinya menjalankan bisnis bersamanya. Bahkan meski saat Anil Ambani, saudaranya, berselisih paham dan memutuskan mendirikan bisnis sendiri.

Nita dibesarkan di lingkungan kelas menengah di pinggiran kota Mumbai. Dengan gelar sarjana perdagangan dia memiliki ambisi: "Saya mengatakan kepada Mukesh sejak dari awal bahwa saya tidak ingin menjadi hiasan."

Setelah pernikahan mereka pada tahun 1985, Nita kuliah untuk mendapat ijazah pendidikan khusus dan bekerja sebagai guru selama beberapa tahun.

Bersama suami dan izin ayah mertuanya, Nita membangun sebuah perumahan untuk karyawan di Jamnagar, Gujarat. Meski belum berpengalaman, namun Nita akhirnya berhasil.

Untuk saat ini, Jamnagar merupakan komplek yang besar dan hijau dengan populasi 17.000 jiwa. Selain itu, ada 100 ribu pohon mangga tertata rapi di setiap sisi jalan di komplek tersebut.

Setelah itu dia dipercaya menangani proyek pembangunan sekolah K-12 prestisius. Proyek itu akhirnya terwujud dalam bentuk Dhirubhai Ambani International School yang memiliki lebih dari 1.000 siswa dan 150 guru yang dipilih sendiri oleh Nita.

Nita juga menggelontorkan uang untuk membeli tim kriket MumbaiIndian di IndianPremierLeague. Meski tidak punya pengalaman sama sekali di bidang olahraga itu, Nita berhasil membawa tim kriket itu meraih gelar IPL Championship sebanyak dua kali.

Di bawah Nita, bisnis olahraga Reliance tidak hanya fokus pada kriket, tetapi juga basket, sepak bola dan tenis.

"Kurangnya infrastruktur olahraga di India membuat negara ini sedikit sekali menciptakan juara Olimpiade," kritik Nita pada Pemerintah India.

Dengan banyak tugas dan peran tersebut, Nita menyadari bahwa dirinya masih perlu belajar.

"Saya menjadi lebih termotivasi daripada sebelumnya. Tapi saya juga masih perlu banyak belajar," katanya.

Baca Juga

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section