1. HOME
  2. INSPIRATORY
INSPIRATORY BISNIS

Lima Aktivitas Wajib Dilakukan Pengusaha

Pengusaha tidak jarang menghabiskan waktu 16 jam sehari. Beberapa kegiatan di bawah ini sangat bermanfaat.

By Rohimat Nurbaya 13 Oktober 2015 15:06
Ilustrasi pengusaha (Foto: Pixabay/StartupStockPhotos)

Money.id - Pengusaha umumnya memiliki agenda padat. Mereka tidak jarang menghabiskan waktu 16 jam sehari untuk bekerja. Tidak bisa dibayangkan apa yang terjadi bila rutinitas tersebut dilakukan setiap hari selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun.

Dikutip Enterpreneur.com, pengusaha disarankan menginvestasikan waktu pada beberapa hal ini guna memperlancar bisnis mereka.

1. Meditasi

Kegiatan ini bisa dilakukan di ruangan selama 30 menit per hari. Meditasi bisa dipandu menggunakan aplikasi ponsel pintar Headspace.

Dengan bantuan aplikasi itu hanya dalam 10 menit saja tubuh dan fikiran bisa segar kembali. Setelah merasa rileks usai meditasi sangat memungkin memulai aktifitas lebih fokus.

2. Tidur

Investasi waktu merupakan hal paling berharga. Pengusaha harus tidur cukup supaya lebih fokus dan produktif. Bila merasa tidak memiliki banyak waktu untuk tidur harus mengatur agenda dengan ketat, sebab bila kurang tidur berakibat fatal.

3. Belajar baca cepat

Mengikuti kelas membaca cepat sangat penting. Kegiatan itu berguna melatih daya ingat dan mengambil keputusan dengan cepat. Bila sulit mendapatkan tempat semacam itu, kelas membaca cepat banyak disediakan secara online.

4. Olahraga

Pengusaha tidak hanya fokus pada kesehatan mental saja, kesehatan fisik tidak kalah penting. Olahraga bukan berarti harus naik Gunung Everest atau lari sejauh 10 kilometer.

Fungsi penting olahraga untuk mengalirkan darah dan memompa jantung dengan cepat. Kegiatan itu minimal dilakukan 15 menit setiap hari.

Olahraga bisa mendorong pengembangan ide-ide baru serta meningkatkan daya tahan tubuh. Hal tersebut penting bagi pengusaha untuk memajukan bisnis.

5. Mencari mentor

Jalan pintas dalam mengambil keputusan biasanya dilakukan dengan cara 'trial and error'. Daripada melakukan hal tersebut lebih baik mencari mentor lebih pengalaman.

Ini bukan konsep baru tapi memakan waktu. Biasanya butuh waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan, tetapi ini sangat bermanfaat bagi kemajuan bisnis.

Setelah mendapat bimbingan dari mentor memungkinkan pengusaha membuat keputusan lebih baik dan cepat.

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section