Saat ini Rizal memasarkan produknya secara online melalui website www.ceraproduction.com. Dengan begitu, konsumen yang berminat biasanya langsung menghubunginya dan melakukan konsultasi barang apa yang cocok dijadikan merchandise.
Di era digital seperti saat ini, proses marketing seperti itu menurut Rizal lebih efektif ketimbang harus berkeliling mengirim proposal ke setiap perusahaan.
"Pada 2011. dengan menaiki motor atau mobil, kami keliling dari satu perusahaan ke satu perusahaan lainnya. Dan propposal kami hanya tertahan di satpam saja," kenangnya.
Saat ini masyarakat Indonesia sudah mulai dimanjakan dengan internet. Sehingga Cera Production langsung mengikuti tren yang saat ini sedang terjadi. Mereka mempromosikan produk dengan menggunakan berbagai fasilitas beriklan di internet untuk menunjang penjualan.
CEO Cera Production, Rizal Kasim (Instagram)
Dia juga mengaku, memiliki tim digital marketing yang khusus melakukan pemasaran secara online. "Bagi kami peran internet sebagai chanel pemasaran sangat besar," ujarnya.
Tidak tanggung-tanggung, biaya dikeluarkan untuk proses marketing secara online pun, jumlahnya sangat besar. Kata dia, bujet beriklan di internet satu tahun bisa mencapai Rp60 juta sampai Rp80 juta.
"Tapi kalau dilihat dari sisi omzet kami jumlah itu sangat kecil, kalau dibagi per bulan bujet kami untuk iklan paling kecil Rp5 juta," katanya. Jumlah tersebut diambil sekitar 30 persen dari total omzet per tahun.
Bersambung ke halaman berikutnya...
Intip Kado Istimewa Rafathar dari Kuda Poni Hingga Taman Bermain
Agar Dompet Tak Makin 'Tipis', Lakukan Penghematan dengan Cara Ini
Pemerintah Angkat Bicara Soal Rokok Naik Jadi Rp50 Ribu per Bungkus