1. HOME
    2. INSPIRATORY
KISAH INSPIRATIF

Keteguhan Hati Bawa Pemuda Ini Sukses di Dunia Bisnis

By Rohimat Nurbaya 26 Mei 2016 17:27
Konsultasi

Rizal sadar produk yang dibuat Cera Production adalah komoditas. Artinya semua orang bisa membuat produk tersebut. Salah satu cara agar perusahaannya bisa bersaing di industri tersebut, dia melakukan konsultasi gratis kepada para pelanggannya.

"Kami ada konsultatif. Selling kami tidak langsung jualan produk merchandise, tapi kami menanyakan dulu merchandise itu keperluan untuk apa," ucap Rizal.

Dia menceritakan, misalnya ketika dia menangangi klien sebuah tambang emas di Tapanuli Selatan. Saat itu perusahaan tesebut ingin memberikan merchandise untuk masyarakat sekitar. Tujuan perusahaan tersebut memberikan merchandise agar meyakinkan masyarakat bahwa perusahaan tambang tersebut beroperasi sesuai dengan standar internasional dari segi keamanan lingkungan.

Saat itu, masih ada warga sekitar yang menganggap kehadiran perusahaan tambang tersebut hanya merusak ligkungan sekitar. "Kami menemukan konsep membuat buku cerita, yang berjudul 'Sahabat Tambang Emas."

CEO Cera Production, Rizal Kasim (Instagram)

Saat itu Cera Production membuat buku cerita yang isinya tentang petualangan anak-anak yang ada di sekitar tambang emas itu di dalam perusahaan.

Di buku tersebut diceritakan, seorang perwakilan perusahaan mengajak anak-anak jalan-jalan di kawasan tambang emas. Di situ anak-anak diberikan informasi tentang fasilitas pengolahan limbah, ada rumah sakit, ada tempat tempat bibit kayu dan lainnya. Buku itu bercerita tentang lingkungan.

"Tapi sebenarnya dalam itu cerita itu menjelaskan bagaimana perusahaan itu beroperasi sesuai dengan aturan linghkungan internasional," imbuhnya.

Kemudian buku tersebut dibagikan ke anak SD, SMP dan SMA. Kata dia, cerita yang ada di dalam buku tersebut merupakan soft education yang meyampaikan kepada masyarakat bahwa di tambang emas itu ada lokasi pengolahan limbah. Sehingga diharapkan tidak ada penolakan lagi dari masyarakat.

"Dengan buku itu kami mempersiapan anak-anak untuk 20 hingga 30 tahun ke depan," tutur Rizal.

Dengan begitu menurut Rizal, sebuah perusahaan yang menjadi kliennya tidak hanya memberikan merchandise saja, tetapi memiliki keuntungan di balik semua itu.

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section