1. HOME
  2. INSPIRATORY
INSPIRATORY BISNIS

Inul Vizta, Bisnis 'Nazar' Inul Daratista (II)

"Saya memang perempuan yang tak berijazah Perguruan Tinggi, tapi saya juga bukan perempuan bodoh.

By Stella Maris 27 Oktober 2015 12:03
Inul Daratista (Kapanlagi.com).

Money.id - Wanita bernama lahir Ainur Rokhimah ini hanyalah lulusan SMP. Dia sama sekali tak memahami hal yang berkaitan dengan dunia bisnis, namun dirinya mampu mengantongi ratusan juta per bulan.

"Saya memang perempuan yang tak berijazah Perguruan Tinggi, tapi saya juga bukan perempuan bodoh," kata Inul.

Mengetahui keterbatasannya itu, bersama sang suami, Adam Suseno, Inul mulai belajar seluk beluk dunia bisnis. Dia juga belajar dari pebisnis handal lain yang ditemuinya.

"Saya banyak belajar menjalankan bisnis ini supaya tak dibodohi orang," ujar dia.



Perlahan, ibu satu anak itu mulai memahami segala sesuatu seputar bisnis, mulai dari manajemen dan operasional, desain interior tempat karaoke, audio sistem yang digunakan, hingga kunci kelanggengan Inul Vizta, yaitu izin usaha.

Inul, sang penyanyi dangdut kampung itu kini menjelma menjadi pebisnis handal. Dia berhasil mendirikan tempat karaoke keluarga raksasa.

Melihat kesuksesannya itu, Inul menegaskan bahwa bisnis karakoke menjadi peluang bisnis yang layak dilirik karena menjanjikan. Tawaran menjadi investor hilir mudik dan kian berdatangan.


Inul Vizta akhirnya menjadi pilihan waralaba karaoke, dengan paket kemitraan penuh. Itu artinya, investor harus menyiapkan dana sekitar Rp4 miliar untuk menjadi local partner-nya.

Legowo

Pemain film 'Cinta Setaman' itu sudah merasakan asam-garam kehidupan. Selain dihujat, Inul pernah berada di titik terbawah dimana dirinya hanya mendapatkan bayaran Rp1500-12 ribu untuk sekali manggung.

Bayarannya itu melipat 10 ribu kali lipat ketika namanya mulai masuk jagat hiburan tanah air. Bahkan kini penghasilannya sebagai pebisnis sudah cukup untuk membeli sebuah rumah seharga Rp7 miliar di kawasan Pondok Indah, dan sejumlah mobil seharga miliaran rupiah.

Semua berkat jerih payahnya yang berhasil mengibarkan bendera Inul Vista di 33 provinsi. Ya, tempat karaoke keluarga itu mendulang untung besar hingga triliunan rupiah.


Namun di tengah kesuksesan yang diraih, Inul diterpa banyak masalah. Salah satunya tudingan adanya pelanggaran hak cipta atas lagu-lagu yang ada di tempat karaokenya.

"Bisnis karaoke ini saya buat atas dasar niat baik. Kalau cobaan datang, saya hadapi dengan sabar. Menikmati (masalah), legowo, dan ikhlas karena di dunia ini tak ada yang abadi, roda terus berputar," ujar wanita yang dinobatkan sebagai Penyanyi Dangdut Paling Ngetop itu.

Belum lagi insiden kebakaran di outletnya yang terletak di kawasan Megamas, Manado pada Minggu dini hari 25 Oktober 2015. Sebanyak 12 orang meninggal dunia dan puluhan lainnya luka-luka dan kritis.

Mengetahui kejadian itu, Inul mengungkapkan kesedihan dan kedukaannya. "Ya ALLAH semoga hamba diberikan kekuatan 'jadi manusia paling sabar' menerima musibah besar ini ya Robb," tulis Inul dalam akun Twitter-nya.

Tertarik dengan Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section