1. HOME
  2. INSPIRATORY
OTOMOTIF

Mereka Cantik, Muda, dan Inspirator Dunia

Mereka terdiri dari berbagai profesi, ada aktivis ada juga artis.

By Rohimat Nurbaya 6 Oktober 2015 19:45
Wanita inspiratif (Foto:redpilltimes.com/Time.com/Time.com)

Money.id - Di era emansipasi tidak hanya pria jadi inspirator, wanita juga bisa. Menginspirasi banyak orang bisa dilakukan mealui banyak cara, misalnya melalui profesi dan organisasi sosial nonprofit.

Dihimpun Money.id dari berbagai sumber, berikut lima wanita hebat pemberi inspirasi bagi dunia. Mereka masih muda, muda, cantik dan sukses. Apa yang dilakukan mereka jadi nilai lebih sendiri di mata pria.

1. Olivia Wilde

Foto: Time.com

Wanita kelahiran 10 Maret 1984 tersebut merupakan aktris berkebangsaan Amerika Serikat. Dia mulai berakting pada awal 2000-an.

Beberapa film yang dibintanginya adalah drama seri The O.C dan The Black Donnellys. Kemudian film lainnya adalah Tron: Legacy, Cowboys & Aliens dan In Time.

Olivia Wilde dikenal cantik dan pandai, tetapi tidak membuat tinggi hati. Rasa sosial Olivia juga tidak diragukan lagi. Buktinya organisasi yang dia dirikan mengispirasi dan membuat dunia jadi lebih baik.

Organisasi bernama Conscious Commerce itu menjadi contoh nyata. Bersama organisasi ini, dia membangun proyek New Light dan menghasilkan uang US$100.000 atau sekitar Rp1,4 miliar.

Proyek itu dibuat untuk melayani perempuan dan anak-anak dari red-light district di kota Kolkata, India.

2. Shiza Shahid

Foto:  Time.com

Shiza Shahid merupakan wanita asal Pakistan. Dia mendirikan oraganisasi sosial nonprofit Malala Fund.

Organisasi tersebut dia dirikan untuk memperjuangkan pendidikan anak perempuan di negaranya. Tetapi tragisnya pada 2002 dia ditembak oleh tentara Taliban. Kemudian Shiza dirawat di London, Inggris.

Total donasi yang didapat untuk organisasi yang dia buat sampai US$400.000 atau sekitar Rp5,6 miliar. Separuh dari uang sumbangan itu didapat dari bank bunia. Sisanya dari Angelina Jolie dan Brad Pitt.

3. Talia Leman

Foto:  thedailybeast.com

Talia Leman merupakan pendiri dan CEO organisasi nonprofit Random Kid. Dia tampak berbeda dengan anak lainnya sejak kecil.

Saat usia 10 tahun, Talia menghasilkan uang US$10 juta atau sekitar Rp142,4 miliar. Uang tersebut dia gunakan untuk korban badai Katrina. Bencana tersebut sempat menerpa wilayah tenggara Amerika Serikat pada 2005 lalu.

Random Kid organisasi nirlaba yang dia dirikan, bertujuan untuk memfasilitasi anak muda yang ingin berbuat baik di seluruh dunia. Saat ini sudah ada 12 juta anak muda dari 20 negara yang bekerja sama dengan Talia.

4. Ayesha Farooq

Foto: Indiatimes.com

Letnan Ayesha Farooq, pilot pesawat tempur pertama di Pakistan. Perempuan kelahiran 24 Agustus 1987 itu sejak kecil sudah ditinggal ayah. Sejak itu pula, ibunya tinggal sendirian untuk membesarkan kedua anak perempuannya.

Kemudian Ayesha Farooq bergabung dalam akademi angkatan udara dan jadi pilot pesawat tempur. Pilihan jadi pilot wanita bukanlah hal mudah. Dia sempat tidak mendapat restu dari sang Ibu, karena dia berniat menjadi pilot pesawat tempur.

5. Natalia Poklonskaya (Jaksa Agung)

Foto: redpilltimes.com

Wanita asal Rusia kelahiran 18 Maret 1980 itu merupakan lulusan Universitas Urusan Dalam Negeri di Yalta. Kemudian, dia bekerja sebagai jaksa di Simferopol pada 2011.

Kasus besar ditanganinya persidangan geng bersenjata bernama Bashmaki. Pada tahun sama dia diangkat jadi jaksa antar-distrik Simferopol.

Setelah itu, ia dipindahkan ke Kantor Jaksa Agung Ukraina di Kiev. Dia menjabat sebagai jaksa senior. Lalu, dia ditunjuk jadi Jaksa Agung Republik Otonom Krimea pada 11 Maret 2014. (ita)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section