1. HOME
  2. INSPIRATORY
INSPIRATORY BISNIS

Deretan Remaja yang Jadi Pengusaha Sukses

Tercatat banyak pengusaha belasan tahun sukses pada usia muda.

By Rohimat Nurbaya 9 Oktober 2015 10:10
Deretan pengusaha sukses (Foto:Facebook/Facebook/Twitter)

Money.id - Mark Zuckerberg sukses mendirikan jejaring sosial Facebook pada usia 19 tahun. Fakta tersebut membuktikan jadi pengusaha bisa dilakukan sejak remaja loh.

Mark merintis Facebook sejak 2004. Saat ini, Facebook digunakan oleh hampir seluruh negara di dunia. Perusahaan dirintis Mark saat ini jadi perusahaan raksasa di bidang teknologi.

Dihimpun Money.id dari berbagai sumber,  tercatat banyak pengusaha belasan tahun yang memulai bisnis pada usia muda. Beberapa di antaranya berasal dari Indonesia:

1. Hamzah Izzulhaq

Foto: Facebook

Hamzah Izzulhaq remaja kelahiran Jakarta 26 April 1993 memiliki bakat bisnis sejak masih kecil. Pada usia di bawah 10 tahun dia menjual kelereng, gambar, petasan hingga koran. Dia juga pernah jadi tukang parkir dan pengojek payung.

Hamzah saat ini menggeluti usaha franchise program bimbingan pelajar. Usaha itu dirintis sejak Agustus 2011, tepatnya setelah lulus SMA. Bisnis Hamzah telah resmi berbadan hukum dengan nama CV Hamasa Indonesia.

Dia telah memegang tiga lisensi cabang dengan jumlah peserta rata-rata 200 orang tiap semester. Total omzet diperoleh sebesar Rp360 juta per semester. Keuntungan bersih sekitar 180 juta rupiah per semester.

2. Yasa Singgih

Foto: Facebook

Yasa Paramita Singgih adalah remaja kelahiran Bekasi, 23 April 1995. Dia menjalankan bisnis toko online menjual baju pria. Dari produk kaos saja kini Singgih mendapatkan omzet Rp30 juta per bulan.

Yasa juga sering diminta mengisi seminar dan pelatihan. Dia terkenal bergaya santai dan humoris saat membawakan seminar. Kalimat-kalimatnya sangat menusuk ke para pendengar.

Dia mulai bisnis ketika duduk di bangku SMP, tepatnya saat usia 15 tahun. Awalnya dia menghabiskan uang Rp4 juta untuk membeli bahan di pasar Tanah Abang, Jakarta. Dia memulai bisnis dari menjual kaos kepada teman.

3. Farah ‘Farce’

Foto: Twitter

Farah Kemala Qurratu’ani merupakan gadis kelahiran 22 April 1995. Dia lebih tenar dipanggil Farah Farce.

Farah merupakan owner dari Farceee Online Shop. Barang yang dijual merek dari luar negeri. Saat ini, Farah juga mulai memproduksi produknya sendiri.

Dia memulai bisnisnya sekitar 2009 saat duduk di bangku SMP. Farah salah satu gadis beruntung dapatkan mentoring langsung dari Mas J, pengarang buku 'The Power of Kepepet'. Buku tersebut jadi best seller nasional.

Farah berhasil menembus omzet puluhan juta berkat kerja keras sejak muda. Farah kini sering diminta mengisi seminar wirausaha.

4. Zachary Marks

Foto: huffingtonpost.com

Zachary Marks, remaja kelahiran Florida, Amerika Serikat. Pada usia 11 tahun dia tidak boleh mengakses Facebook oleh orangtuanya.

Karena keadaan tersebut, akhirnya Zachary membangun media sosial sendiri yang diberi nama GromSocial. Jejaring sosial tersebut diperuntukkan bagi anak-anak.

Guna menjaga keamanan pengguna, orangtua harus menyetujui anaknya bergabung. Caranya, orangtua cukup memantau melalui email yang dikirimkan secara rutin oleh GromSocial.

Situs jejaring sosial karya Zachary Marks memiliki filter bahasa yang menjaga dari kata-kata tidak sopan.

GromSocial juga telah memenuhi persyaratan dari Children's Online Privacy Protection Act (COPPA). Organisasi tersebut didirikan untuk menjaga anak-anak di dunia online. (ita)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section