1. HOME
    2. INSPIRATORY
KISAH INSPIRATIF

Inilah Deretan Pengusaha Muda Sukses di Bidang IT

Munculnya deretan pengusaha IT diawali dengan adanya e-commerce dan forum seperti Kaskus/

By Rohimat Nurbaya 31 Mei 2016 11:01
Andrew Darwis/Ferry Unardi/William Tanuwijaya (Kaskus.co.id/Youtube)

Money.id - Sukses di usia muda menjadi dambaan setiap orang. Untuk mencapai titel tersebut tidak mudah, karena membutuhkan perjuangan yang panjang. Namun beberapa anak muda Indonesia mampu melakukannya, bahkan mereka mencapai kesuksesan mereka melalui bidang yang baru booming di Tanah Air yakni IT (Informasi dan Teknologi).

Bidang tersebut memang bidang yang baru di Indonesia. Munculnya pengusaha sukses di bidang IT di Indonesia diawali dengan adanya platform forum seperti Kaskus dan beberapa e-commerce seperti Tokopedia. Dikutip Money.id dari berbagai sumber berikut deretannya.

1. Andrew Darwis

Pendiri Kaskus, Andrew Darwis (Kaskus.co.id)

Sejak kemunculan Kaskus, Andrew Darwis dikenal sebagai salah satu pengusaha muda tersukses di Indonesia. Forum tersebut saat ini menjadi andalan publik maya, terutama anak muda untuk berbagi informasi, diskusi, hingga berbisnis jual beli.

Dia sempat kuliah di Bina Nusantara, tepatnya pada 1998, Andrew melanjutkan kuliah di Seattle karena minimnya fasilitas teknologi informasi di dalam negeri kala itu.

Biaya yang mahal memaksa Andrew harus mencari pemasukan sendiri sebagai web designer selama menempuh pendidikan di Amerika. Kemudian pada 1999, dia berhasil membangun Kaskus sebagai media informasi bagi orang Indonesia di luar negeri.

Bermodal Rp30 ribu dia mendirikan website tersebut bersama dua rekannya yakni Ronald dan Budi. Pada tahap awal perkembangannya sangat lama, hanya dapat tiga anggota dalam seminggu.

Kemudian, ketika internet semakin pesat di Indonesia, Andrew kembali ke Jakarta untuk mengelola situs tersebut. Kerja kerasnya di dunia IT membuat Kaskus bisa mendapatkan ratusan anggota baru per hari.

2. Ferry Unardi

Pendiri Traveloka Ferry Unardi (Youtube/Tech In Asia)

Pemuda ini membawa angin segar bagi dunia travelling. Minatnya terhadap dunia IT sudah ada sejak lama. Dia juga melanjutkan kuliah ilmu komputer di Purdue University. Dia sempat bekerja di Microsoft-Seattle saat kuliah.

Namun saat itu, karena kuliah sambil kerja dia kerap disulitkan dengan urusan penerbangan ke kampus, kantor, dan kampung halaman di Indonesia. Kesulitan ini mendorong Ferry mencari solusi yang menjadi cikal bakal lahirnya Traveloka.

Pada 2012, Traveloka resmi berdiri sebagai situs pencarian dan pembanding harga tiket pesawat. Kepiawaian Ferry dan timnya dalam membaca tren pasar membuatnya berhasil mengembangkan Traveloka.

Traveloka sendiri merupakan agen travel online yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan booking hotel terbesar di Indonesia hanya dalam waktu 3 tahun sejak didirikan.

3. William Tanuwijaya

Pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya (Youtube)

Nama William Tanuwijaya mulai tenar sejak ada e-commerce Tokopedia. Saat ini, Tokopedia jadi situs jual beli terbesar di Indonesia. Saat mendirikan dia mendapat modal dari investor asing hingga Rp1,2 triliun, tepatnya pada 2014.

Sebelum mendirikan Tokopedia, Wiliam sempat sempat jadi pegawai, bahkan penjaga warnet di sela-sela waktu kuliahnya. Saat itu tujuannya magang menjaga warnet supaya bisa puas internetan gratis. Karena pekerjaannya itu, dia sering bolos kuliah.

Saat kerja di warnet, William kerap kali melihat kasus penipuan online di forum jual beli. Dia ingin membantu para korban dan meyakini bahwa seharusnya penipuan bisa ditekan oleh situs penyedia layanannya.

Pemikiran itulah yang menjadi cikal bakalnya mendirikan toko online profesional terbesar Indonesia.

Bersambung ke halaman berikutnya....

 

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section