1. HOME
    2. INSPIRATORY
INSPIRATORY BISNIS

Cerita Yoshua Ciptakan Aplikasi Kurir Pendukung Jual Beli Online

By Rohimat Nurbaya 11 April 2016 19:10
Kurir PickPack Lebih Terpola

Kurir

Selain mengaet marketing freelance sebanyak-banyaknya, sistem kurir diterapkan PickPack juga lebih terpola, sehingga antara satu kurir satu dan yang lainnya tidak akan berebutan. "Pekerjaan ini lebih gampang dari mengantar orang, dan mengantar barang dari poin ke poin," kata Yoshua.

Nantinya kurir PickPack akan menggunakan aplikasi tersendiri. Kemudian mereka sudah di-ploting di satu wilayah tertentu supaya tidak bersinggungan antar sesama kurir. Kata dia, sebuah order nantinya akan langsung ditunjukkan pada satu order. Jadi bukan kurir yang mencari order.

"Jadi satu orang itu sudah ada ploting, untuk order satu hari itu ke mana saja," jelas Yoshua. Menurutnya, semua itu sudah dikembangkan berdasarkan sitem yang sudah ada.

Tim IT PickPack
© 2016 money.id/Dwi Narwoko

Yoshua mengaku, memang sebenarnya aplikasi pengiriman barang semacam PickPick ini bukan yang pertama di dunia. Aplikasi seperti PickPick sudah ada di beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Hong Kong.

Aplikasi pengiriman semacam PickPack di Amerika Serikat, dalam dua tahun saja valuasinya sudah beberapa kali lipat. Yoshua yakin, apabila sudah ada success story di negara lain, bisa diterapkan juga di Indonesia.

Dia berharap ke depannya PickPack bisa menjadi standar pengiriman barang retail secara online di Indonesia.

Berpengalaman

Menyelisik latar belakang Yoshua. Bungsu dari lima bersaudara itu merupakan 'jagoan' dalam bidang informasi teknologi (IT). Dia merupakan lulusan salah satu universitas swasta di Jakarta dari jurusan teknik informatika. Tepatnya pada 2013.

Yoshua mengaku, spesialisasinya adalah di bidang mobile technology secara spesifiknya di aplikasi dan website yang berbasis di ponsel. Ilmu tersebut tidak hanya didapatkan dari bangku kuliah saja, karena menurutnya semasa kuliah dia aktif di berbagai kegiatan di bidang informasi teknologi (IT).

"Saya belajar mobil di luar perkuliahan, dulu saya ikut di tim research direktorat Binus. Saya eksplore jauh lebih dalam di sana," jelasnya.

 

Salah Satu Partner Kerja Yoshua Mendirikan PickPack
© 2016 money.id/Dwi Narwoko

Karya dilahirkan Yoshua di bidang starup tidak hanya PickPack saja, menurutnya sudah ratusan karya dibuatnya. Karena sejak 2012 pria asli Jakarta tersebut mendirikan sebuah IT consultant bernama Link Integrasi.

Bahkan ada beberapa perusahaan, termasuk salah satu bank di Indonesia menggunakan jasa Yoshua untuk membuatkan aplikasi mobil supaya digunakan dalam kegiatan perbankan. 

Yoshua sendiri yakin dengan keahliannya di bidang mobil akan membawa PickPack dan Link Integrasi menjadi perusahaan yang diperhitungkan di dunia startup khususnya di bidang mobile.

(rn/rn)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section