1. HOME
    2. INSPIRATORY
INSPIRATORY BISNIS

Perjalanan Bisnis HSF Eyewear, Modal Rp800 Ribu Berbuah Rumah Rp4 M

Winda dan Nyonyo adalah satu dari sekian banyak enterpreneur muda yang sukses membangun bisnis online shop dari bawah.

By Dian Rosalina 11 Mei 2016 14:25
Pemilik HSF Eyewear dan Huffey Stuff, Winda Nopitasari (Money.id/Dian Rosa)

Money.id - Beberapa tahun belakangan online shop menjadi primadona, sekaligus ladang bisnis baru yang melahirkan pengusaha-pengusaha muda berbakat. Namun, tak sedikit pula yang akhirnya harus merasakan kegagalan lantaran berbagai faktor.

Orisinalitas, kualitas produk dan inovasi, menjadi faktor penopang usaha online tetap berdiri kokoh di antara banyaknya pesaing. Itulah yang dipertahankan oleh HSF Eyewear, sejak berdiri lima tahun lalu.

Winda Nopitasari, pendiri sekaligus pemilik HSF Eyewear, mengakui perjalanannya dalam merintis bisnis kacamata yang berawal dari online shop tidaklah mudah. Bahkan, berulang kali Winda dan sang suami, Devantri Kurniawan--yang kala itu masih berstatus kekasih-- jatuh bangun mempertahankan bisnisnya.

Di kawasan perumahan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, kepada Money.id, Winda menceritakan seluk beluk bisnis beromzet ratusan juta rupiah per bulan itu.

Winda mengatakan, bisnis ini sebenarnya berawal lantaran sang kekasih yang sekarang menjadi suaminya, tidak bisa bekerja pada orang lain. Devan cenderung memilih jadi wirausahawan dibanding karyawan.

"Jadi dia lebih baik jualan, apa aja jualannya, mau sepatu, mau baju, semua dijual. Bahkan cari supplier sampai ke Bandung. Ya, jalan sih, tapi banyak komplain dari konsumen karena tidak sesuai dengan bentuk gambarnya, dan sebagainya," kata Winda mengawali cerita.

Saat itu, Winda yang masih bekerja di sebuah perusahaan sebagai marketing mencoba berbagai usaha clothing. Mulai dari kaos, sepatu, celana, dan jam tangan. Hingga akhirnya, pada suatu hari di tahun 2011, jalan menuju kesuksesan terbuka.

Sewaktu ia dan sang suami sedang mencari jam tangan untuk dijual, Winda iseng melihat-lihat kacamata. Saat itu, ia berpikir kenapa tidak coba untuk menjual kacamata, karena selain murah, kacamata memiliki model yang bervariasi. Apalagi saat itu pebisnis fashion yang menjual kacamata masih sangat sedikit.

Dengan modal Rp800 ribu, Winda akhirnya membeli kacamata yang saat itu didapatnya sebanyak 20 buah dengan model berbeda.

Setelah mem-posting foto-foto kacamata ke Instagram mereka, ternyata respons yang diterima cukup baik. Bahkan baru sehari mem-posting, produknya langsung terjual, dan dalam dua minggu 20 kacamata itu pun habis.

"Ternyata saat saya menjual kacamata-kacamata itu, komplain konsumen terhadap produk yang saya jual itu sangat sedikit. Enak saja gitu, jarang ada komplain, berbisnis pun jadi tenang. Dari sana banyak permintaan kacamata yang terus berdatangan kepada Huffey Stuff, jadi saya pikir ini nih bisnis yang tepat untuk saya dan suami," ujar wanita berkacamata itu.

Dari sanalah, Huffey Stuff, brand kacamata murah milik Winda berdiri. Ya, sebelum membuat brand kacamata sendiri bernama HSF, mereka lebih dulu menciptakan brand Huffey, yang menjadi cikal bakal perkembangan bisnisnya.

Next: Dari Kamar Kos Kecil Hingga Rumah Seharga Rp4 Miliar >>>

Baca Juga

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section