1. HOME
    2. INSPIRATORY
INSPIRATORY BISNIS

Ardventure Travelindo, Bisnis yang Berawal dari Hobi Berwisata

Hanya bermodalkan Rp2 juta dan kepercayaan diri, kini ia sukses menjalankan bisnis travel ini.

By Dian Rosalina 7 Maret 2016 14:15
Pemilik Ardventure Travelindo, Gusti Rahmat bersama Aktivis Green Peace (Ardventure Travelindo)

Money.id - Beberapa orang menganggap, bisnis travel cenderung mahal dan memerlukan persiapan yang matang. Tapi tahukah Anda, anggapan itu tidak sepenuhnya benar loh.

Seperti yang dialami Gusti Rahmat. Dengan hanya modal Rp2 juta dan kepercayaan diri, Gusti sukses menjalankan bisnis travelnya yang diberi nama Ardventure Travelindo.

Tepatnya Mei 2014, Gusti yang juga memiliki hobi traveling ini sering mengajak teman-temannya untuk melakukan open trip ke Kepulauan Seribu. Seiring waktu, Gusti terpikir untuk menghasilkan uang dari hobinya itu.

"Waktu saya masih kuliah, banyak teman-teman yang tahu, saya suka melakukan open trip. Dari situlah saya bersama teman saya, Muhammad Fadly Renal mencoba bisnis open trip," kata Gusti yang ditemui Money.id, Senin 7 Maret 2016 di kawasan Jakarta Selatan.

Pria berumur 24 tahun itu yakin, bisnisnya tetap punya pasar karena bagi sebagian orang, traveling sudah menjadi kebutuhan gaya hidup. Selain itu, media sosial pun berperan besar karena para netizen kerap berbagi foto-foto perjalanan mereka ke beberapa wilayah tanah air. Pasalnya, foto-foto pemandangan alam yang indah itu pasti akan membuat netizen lain tertarik.

Wisata Bahari

Gusti lebih memilih pariwisata bahari sebagai tujuan utama setiap open trip-nya. Selain risikonya tidak terlalu besar, berwisata ke laut pun tidak memerlukan skill yang terlalu sulit.

"Fokus saya memang ingin menjamah pulau-pulau yang belum tersentuh karena aksesnya yang sulit. Karena itulah saya mencoba bekerja sama dengan penduduk lokal untuk membuka jalan bagi para turis yang ingin berwisata bahari," ujarnya.

Dari bisnis open trip ini,  Gusti sudah bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang yang berada di sekitar tempat wisata tujuannya.

"Lewat open trip ini pun warga bisa mendapat penghasilan seperti menjadi tour guide lokal, menjadikan rumah mereka sebagai homestay, atau kapan-kapal mereka yang bisa di sewakan. Intinya agen travel hanya menjadi penghubung pihak-pihak lokal yang ingin berlibur," kata Gusti.

NEXT: Omzet Puluhan Juta Rupiah...

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section