1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Yogurt Vanila Mampu Tingkatkan Rasa Bahagia

Wewangian vanila diyakini dapat mengurangi tingkat stres dan mendorong hubungan baik antara staf dan pasien.

By Dian Ardiahanni 13 November 2015 10:08
Ilustrasi bahagia menikmati yogurt vanila (Dailymail/GARO)

Money.id - Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa mengonsumsi yogurt vanila bisa meningkatkan rasa bahagia seseorang.

Dilansir laman Daily Mail, Jumat 13 November 2015, penelitian dilakukan oleh tim dari Wageningen UR Food & Biobased Research di Belanda bersama University of Natural Resources and Life Sciences di Austria, dan VTT Technical Research Centre of Finland. Mereka melakukan pengujian terhadap 24 peserta yang dibagi menjadi tiga kelompok.

Kemudian peserta diberi yogurt dengan merek sama, namun rasa dan kandungan lemaknya berbeda. Kenyataannya saat peserta mengetahui merek yogurt yang disantap, itu tak mempengaruhi emosi mereka.

Peneliti juga tak menemukan perbedaan respons pada peserta yang mengonsumsi yogurt nanas ataupun stroberi. Tetapi yang mengejutkan adalah yogurt vanila, rupanya bisa memberikan respons emosi positif.

Ini mendukung pembuktian terkait aroma vanili di ruang tunggu rumah sakit bisa mengurangi tingkat stres dan mendorong hubungan baik antara staf dan pasien.

Menurut peneliti utama, Dr Jozina Mojet dan Food & Biobased Research, penelitian ini pun menghasilkan informasi baru bagi produsen produk. "Produsen makanan bisa mengetahui bagaimana respons peserta sebagai konsumen terhadap varian rasa yogurt yang dipasarkan," kata Mojet.

Studi itu telah dipublikasikan dalam jurnal Food Research International. Dan kini, Mojet bersama timnya tengah mempersiapkan metode valid, cepat, tidak terlalu mahal, dan singkat waktu untuk mengukur emosi atau perubahan mood yang ditimbulkan oleh makanan selanjutnya. (dwq)

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section