1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Waspadai Tanda-tanda Kebotakan Rambut

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab normalnya rambut rontok. Salah satunya adalah melakukan perubahan diet secara drastis.

By Desy Afrianti 9 November 2015 18:29
Ilustrasi rambut rontok/Pixabay

Money.id - Mungkinkah kita menghitung berapa banyak helai rambut yang rontok saat menyisir. Kerontokan pada rambut dapat dikatakan normal dengan jumlah 50 sampai dengan 100 helai per hari.

Angka tersebut berfluktuasi sepanjang tahun sesuai musim, lebih tinggi pada musim gugur dan lebih rendah pada musim panas.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab normalnya rambut rontok. Salah satunya adalah melakukan perubahan diet secara drastis, memulai atau menghentikan pil, dan memiliki bayi.

Namun, Anda harus mengetahui, ada jangka waktu enam bulan antara peristiwa terjadi dan kerontokan pada rambut yang akan dialami. Anda juga akan merasakan rambut yang rontok saat mencuci rambut.

Ketika Anda memiliki kebotakan yang melingkar pada rambut, bisa jadi itu tanda-tanda alopecia areata.

Alopecia areata merupakan penyakit yang disebabkan oleh kesalahan autoimun. Sistem kekebalan tubuh membuat sel darah putih (limfosit) dan antibodi untuk melindungi terhadap benda asing seperti bakteri, virus, dan kuman lainnya.

Alopecia dapat diobati dengan injeksi cortisone. Hal itu diungkapkan dokter kulit dan rambut Francesca Fusco, M.D.

Jika Anda merasakan gatal atau kulit kepala merah, lembut, bergelombang, atau mengelupas, hal ini dapat mengarah pada permasalahan kulit kepala atau alergi. Peradangan berkepepanjangan dapat menyebabkan rambut rontok.

Rambut pendek memiliki kemungkinan kerontokan yang lebih sedikit dari pada mereka yang berambut panjang. Perawatan rambut yang intensif dan pemakaian conditioner dapat membantu mencegah kerontokkan pada rambut. (Azalia Amadea)

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section