1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Wah, Ternyata Mandi Tak Perlu Setiap Hari, Apa Alasannya?

Menurut sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa sebenarnya tidak perlu mandi setiap hari.

By Dian Rosalina 20 Januari 2016 12:35
Ilustrasi Mandi (guardianlv.com)

Money.id - Dulu setiap orangtua mungkin selalu menyuruh anaknya untuk mandi dua kali sehari setiap hari atau lebih. Namun terkadang Anda malas untuk pergi ke kamar mandi pada akhir pekan, bukan?

Mungkin Anda harus meneruskan kebiasaan tersebut. Karena menurut penelitian terbaru, sebenarnya mandi tidak perlu setiap hari.

Dilansir dari lifehack.org, Rabu 20 Januari 2016, Casey Carlos, seorang asisten profesor kedokteran divisi dermatologi di University Of California menunjukkan bahwa mandi terlalu sering tidak baik untuk Anda.

Ia menjelaskan penggunaan sabun akan mengurang produksi minyak dari kulit. Ilmu perawatan kulit sederhana membuktikan bahwa penggunaan sabun terlalu sering membuat kulit Anda menjadi kering dan kasar.

Carlos juga menyarankan, pakailah sabun di tempat-tempat tertentu saja, seperti ketiak, dan kaki. Tubuh lain, seperti dada, punggung, kaki, dan lengan harus dilewati. Karena kulit memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri.

Hal tersebut bisa dijelaskan secara ilmiah. Lapisan teratas kulit terbentuk dari sel kulit mati yang melindungi lapisan kulit kedua. Lapisan atas tersebut mempunyai lemak yang berfungsi melembabkan kulit.

Setiap kali mandi, lapisan ini akan hancur. Semakin sering Anda mandi, maka lapisan tersebut akan rusak. Mandi juga menghilangkan bakteri 'baik' yang tumbuh di kulit.

Bakteri tersebut bermanfaat untuk melindungi kulit dan tubuh Anda dari infeksi. Tak hanya itu, kegiatan tersebut juga bisa membuat rambut kering, kusam dan rentan terhadap ketombe.

Trik agar tetap segar

Setelah mengetahui mandi tidak harus sering, membuat Anda bingung tentunya. Berikut ini ada beberapa tips dan kecantikan yang bisa Anda ikuti meski tidak mandi:

  • Menghapus riasan sebelum tidur. Ini akan mencegah pori-pori tersumbat dan Anda akan terbangun dengan perasaan segar.
  • Mengganti baju secara rutin.
  • Seka selangkangan, telapak kaki, dan ketiak mengggunakan kain basah hangat setiap pagi.
  • Cukur bulu ketiak dan gunakan deodoran secara runtin untuk menghindari bau badan.
  • Kenakan pakaian yang terbuat dari bahan katun agar bisa menyerap keringat.
  • Gunakan sampo kering, tetapi jika Anda tidak memilikinya gunakan bedak bayi. Dengan cara ini, rambut Anda akan terlihat bersih dan halus.
  • Jangan melupakan pelembab wajah ketika ingin keluar rumah. (poy)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section