1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Wah, Diet Baru Ini Menyarankan Anda Minum Wine dan Makan Coklat

Sirtfood menyarankan Anda untuk memperbanyak asupan makanan yang mengandung senyawa aktivator sirtuin.

By Dian Rosalina 7 Februari 2016 06:56
Wine dan Coklat (shutterstock/Womenhealth)

Money.id - Banyak orang beranggapan bahwa coklat dan wine adalah makanan yang perlu dihindari ketika sedang berdiet. Namun tahukah Anda, sekarang ada diet baru yang menyarankan Anda untuk makan dan minum kedua bahan makanan tersebut.

Wow, bagaimana bisa?

Dikutip dari Women Health, Minggu 7 Februari 2016, diet ini bernama sirtfood. Sirtfood menyarankan Anda untuk memperbanyak asupan makanan yang mengandung senyawa aktivator sirtuin.

Senyawa ini diklaim akan membantu proses kimia dalam tubuh Anda dan bisa membantu menurunkan berat badan. Sirtuin adalah protein yang melindungi sel-sel tubuh agar tidak cepat mati atau mengalami peradangan.

Menurut pendukungnya, ketika diaktifkan oleh makanan yang mengandung sirtuin (kemudian disebut sirtfood), senyawa ini bisa meningkatkan metabolisme tubuh untuk membantu menurunkan berat badan. Sirtfood ini terdiri dari bahan makanan yang terlihat sangat menyehatkan.

Di antaranya, buah apel, buah jeruk, peterseli, caper, buah blueberry, teh hijau, kedelai, buah stroberi, kunyit, minyak zaitun, bawang merah, arugula, kale, wine, coklat hitam, dan kopi. Namun diet sirtfood ini tidak seperti diet lainnya, karena harus dilakukan dalam dua tahap.

Pertama, diet dilakukan selama satu minggu dengan mengkonsumsi kalori tidak boleh lebih dari 1.000 kalori selama tiga hari. Setelah itu, tidak boleh mengkonsumsi lebih dari 1.500 kalori. Menu yang dikonsumsi terdiri dari satu gelas jus sirtfood serta satu sampai dua jenis makanan kaya sirtfood setiap hari.

Kemudian untuk tahap kedua berlangsung selama 14 hari dengan mengkonsumsi tiga makanan kaya sirtfood dan satu gelas jus sirtfood setiap hari. Namun ketika Anda membatasi kalori di bawah 1.200 kalori per hari seperti pada tahap pertama, Anda harus siap-siap untuk kelaparan, ya!

Karena hal tersebut akan memperlambat metabolisme tubuh, menurunkan berat badan, dan mungkin massa otot. Namun banyak yang menilai hidup dengan hanya minum air dan makan satu kali sehari bisa dianggap pola hidup yang tidak sehat. Tetapi studi mencatat sirtfood memang bisa menurunkan berat badan.

"Pembatasan kalori itulah yang menyebabkan sirtfood bisa mengaktifkan sirtuin," kata penulis The Women's Health Body Clock Diet, Laura Cipullo.

Hasil Studi

Bila digali lebih dalam, penelitian mengatakan bahwa bukan protein atau sirtuin yang menyebabkan penurunan berat badan, tetapi resveratrol. Ini adalah sejenis antioksidan polifenol yang terkandung dalam makanan seperti coklat dan wine.

Studi sebelumnya telah menemukan bahwa resveratrol dapat meningkatkan kesehatan dan membantu seseorang untuk mendapatkan berat badan yang sehat. Lalu penelitian tahun 2015 oleh International Journal of Obesity menemukan bahwa resveratrol bisa membantu mengubah lemak putih penyimpan kalori menjadi lemak coklat yang membakar kalori.

"Makan makanan nabati yang banyak mengandung antioksidan akan membantu melawan peradangan dan membantu menurunkan berat badan sekaligus mengurangi risiko penyakit kronis dan memperpanjang umur Anda," kata Cipullo.

Tapi jika Anda ingin menurunkan berat badan, jangan berpikir dengan mengkonsumsi berlebihan minyak zaitun, wine, dan coklat yang kaya resveratrol akan membantu, loh.

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section