1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Mau Usir Kecoa? Jangan Dipukul, bahaya!

Usir kecoa dengan cara alami dan aman bagi anggota keluarga. Salah satunya dengan daun salam.

By Azalia Amadea 3 Februari 2016 13:34
Ilustrasi tips membunuh kecoa (Foto: expertbeacon.com)

Money.id - Kecoa. Mendengar kata ini, sebagian Anda mungkin merinding karena jijik. Nahasnya, hewan satu ini kerap muncul di setiap rumah dan sulit dibasmi. 

Kecoa memang salah satu hama yang sangat cepat berkembang biak. Selain membuat rumah tak nyaman, keberadaan kecoa juga bisa menimbulkan penyakit karena bakteri yang dibawa hama ini.

Mungkin hal sederhana yang biasa Anda lakukan hanyalah dengan menyemprotnya menggunakan cairan anti serangga, atau memukulnya.

Namun ketahuilah jika Anda membunuh dengan cara memukulnya, kecoa akan mengeluarkan cairan putih yang terdapat cacing berbentuk pendek, halus dan lembut yang tidak dapat dilihat dengan kasat mata.

Cacing tersebut apabila masuk ke dalam pori-pori kulit akan menimbulkan alergi dan gangguan kesehatan lainnya. 

Melansir dalam laman Boldsky.com berikut tips-tips ampuh mengusir kecoa dari lingkungan rumah Anda:

1. Semprotan merica
Ambil 2 sdt bubuk merica dan air, taruh dalam botol semprotan. Semprotkan ramuan tersebut pada daerah-daerah dimana Anda pernah melihat kecoa. Pakailah masker dan sarung tangan saat sedang menyemprotkan ramuan merica.

2. Bola kayu cedar
Bola kayu cedar ini biasa digunakan sebagai pengganti kapur barus. Tempatkan bola-bola tersebut pada tempat dimana Anda pernah melihat kecoa. Bola cedar tidak hanya dapat menyingkirkan kecoa namun juga serangga lainnya.

3. Kapur barus
Menempatkan kapur barus pada sudut-sudut lemari atau pun kamar mandi menjadi cara yang tepat mengusir kecoa. Namun jangan tempatkan kapur barus pada lemari penyimpanan makanan, karena tidak baik yang dapat meracuni manusia.

4. Daun salam
Daun salam banyak ditemukan di pasar sebagai bumbu dapur, namun ketahuilah bahwa daun salam memiliki fungsi lain. Taruhlah beberapa lembar daun salam dalam beberapa kantung-kantung dan tempatkan kantung-kantung tersebut pada tempat di mana Anda pernah melihat kecoa. Kecoa tidak menyukai bau daun salam.

5. Minyak mint
Minyak ini dapat Anda buat sendiri dengan mencampurkan minyak dengan irisan daun mint. Semprotkan pada tempat-tempat dimana kecoa pernah Anda lihat. Minyak mint tersebut dapat membuat kecoa mati, dan aman untuk anak-anak serta hewan peliharaan Anda.

6. Kardus
Jika Anda memiliki kebiasaan menyimpan barang-barang dalam kotak atau kerdus, hilangkan kebiasaan tersebut. Tempat tinggal utama kecoa untuk berkembang biak adalah dalam kotak atau kardus.

Itulah tips-tips sederhana yang dapat Anda terapkan dalam rumah Anda, tentunya menjaga rumah Anda agar tetap bersih juga menjadi hal terpenting yang dapat mencegah rumah Anda dari serangan serangga seperti kecoa. (ita)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section