1. HOME
  2. FRESH
TIPS KECANTIKAN

Tips Hilangkan Bau Badan dengan Tawas

Tawas biasanya bisa didapatkan di pasar tradisional yang menjual alat-alat pemakaman, atau di toko bahan bangunan.

By Rohimat Nurbaya 7 Februari 2016 15:31
Tawas penghilang bau badan (sprogsandsprouts.com)

Money.id - Bau badan membuat kita tidak percara diri. Aroma tidak disedap dikeluarkan dari keringat itu juga kadang membuat orang di sekitar Anda tidak nyaman.

Secara ilmiah, bau badan disebabkan karena keluarnya keringat yang berkolaborasi dengan kotoran dan bakteri yang menempel pada permukaan kulit. 

Tapi jangan khawatir. Ada beberapa cara untuk menghilangkan bau badan secara tradisional. Salah satunya dengan menggunakan tawas atau alum. Tawas juga memiliki khasiat sebagai pengganti deodoran. 

Tawas merupakan kelompok garam rangkap berhidrat berupa kristal dan bersifat isomorf. Tawas tidak beracun dan tidak berbahaya bagi kesehatan. PH derajat keasamannya rendah yaitu 8, mendekati normal (pH=7) sehingga aman bagi kulit.

Tawas adalah pembentuk koloid dan bersifat adsorpsi atau proses melekatnya molekul atau ion pada permukaan zat padat, sehingga Tawas dapat mengabsorbsi dan menyerap kotoran, racun, dan lainnya.

Dengan memanfaatkan sifat tawas yang bisa menyerap kotoran dan bakteri, keringat yang keluar akan bebas dari kotoran dan bakteri, sehingga bau badanpun tidak muncul.

Cara menggunakan hanya dengan menggosokkan ke beberapa bagian badan yang sering mengeluarkan keringat berlebih, misalnya ketiak. Penggunaanya bisa ditumbuk terlebih dahulu atau langsung digosokkan dalam bentuk batangan ke beberapa bagian tubuh.

Tidak perlu dicampur dengan apapun, termasuk dengan air, langsung saja digosokkan ke beberapa bagian tubuh. (Lihat videonya di sini)

Tawas biasanya bisa didapatkan di pasar tradisional yang menjual alat-alat pemakaman atau di toko bahan bangunan. Namun biasanya beberapa pasar swalayan di Jakarta juga menjualnya.

(Berbagai Sumber)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section