1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Tak Perlu Olahraga Ekstrem untuk Jadi Sehat

Olahraga dengan dosis lebih rendah memiliki manfaat lebih dari olahraga dengan kadar yang berat.

By Desy Afrianti 15 Desember 2015 12:30
Ilustrasi olahraga/ GETTY IMAGE

Money.id - Studi terbaru mengatakan Anda tidak perlu melakukan usaha keras agar menjadi sehat. Menurut Mayo Clinic, berjalan sekitar 15 menit sehari atau lima hari seminggu adalah jumlah optimal dari 'latihan ekstrem' yang mungkin diperlukan setiap orang.

Kelompok penelitian dan praktik kesehatan nirlaba di Rochester, Minnesota itu melakukan penelitian terhadap lebih dari 500 pelari selama 15 tahun terakhir.

Peneliti Mayo mencoba mencari tahu apa  sebenarnya manfaat dari olahraga berat dibandingkan olahraga ringan.

Seperti dikutip dari uproxx.com pada Selasa 15 Desember 2015, mereka telah menemukan bahwa berlari selama 75 menit atau berjalan 105 menit dalam seminggu adalah waktu optimal yang dibutuhkan untuk menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular, stroke, dan kanker hingga 45 persen.

Sebaliknya, sekitar sepertiga dari pelari yang melakukan olahraga maraton seumur hidup meninggal karena gagal jantung.

Jika Anda salah satu dari orang-orang yang mencintai lari triathlon, penelitian ini mungkin bisa menjadi peringatan. Namun Anda masih lebih sehat dibandingkan mereka yang tidak pernah olahraga sama sekali.

Perlu diperhatikan juga bahwa penelitian ini tidak memperhitungkan manfaat dari melakukan sesuatu yang membuat Anda bahagia.

Namun, tidak ada salahnya untuk membahas ulang tentang olahraga Anda dengan dokter untuk memastikan tidak berlebihan.

Menurut penelitian, olahraga dengan dosis lebih rendah memiliki manfaat lebih dari olahraga dengan kadar yang berat.

Penelitian menunjukkan bahwa berjalan tiga atau empat kali seminggu memiliki manfaat yang sama dengan lari. Bahkan berjalan menyehatkan untuk jantung, meski waktu yang dibutuhkan untuk mengecilkan pinggang menjadi lebih lama.

Untuk setiap lima menit lari, itu sama dengan sekitar 15 menit berjalan kaki. Dan jika Anda khawatir tentang nyeri sendi, berjalan memiliki risiko yang lebih kecil pada lutut dan pinggul.

Apapun masalahnya, berjalan dianggap 'olahraga ekstrem', yang berarti itu sudah lebih berat dari apa yang perlu Anda lakukan sehari-hari untuk melawan diabetes dan obesitas.

Kalau suka lari, Anda bisa melakukannya 10 menit sehari dan mengistirahatkan tubuh paling tidak dua kali seminggu. Jika melakukannya dengan benar, lari akan meningkatkan kesehatan Anda.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section