1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Jangan Dibuang, Ini 7 Manfaat Sikat Gigi yang Sudah Tak Terpakai

Sikat gigi yang sudah tidak terpakai ternyata mempunyai beberapa kegunaan.

By Putri Nabilla 29 Desember 2015 17:45
Ilustrasi penggunaan sikat gigi bekas ( Pixabay )

Money.id - Sikat gigi yang kita gunakan dalam keseharian tidak mungkin bila dipakai terus menerus.

Dokter gigi menganjurkan kita untuk mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali. Apabila sudah lebih dari itu sebaiknya jangan digunakan lagi meskipun masih terlihat bagus.

Kenapa? Karena bulu-bulu pada sikat mulai rusak dan banyak kuman yang menempel.

Jika biasanya Anda membuang sikat gigi setelah tak terpakai, hal ini jangan Anda lakukan lagi. Sikat gigi yang sudah tidak terpakai ternyata mempunyai kegunaan-kegunaan yang bisa Anda manfaatkan.

Seperti dilansir dari boldsky pada Selasa 29 Desember 2015, sikat gigi lama Anda bisa dimanfaatkan untuk beberapa penggunaan kecantikan.


1. Mengecat rambut

Sikat gigi bekas bisa digunakan untuk membantu Anda dalam mewarnai rambut secara sederhana. Berfungsi sebagai alat perantara untuk memoleskan pewarna pada rambut.

Ambil beberapa helai rambut kemudian jepit dengan tangan Anda. Kemudian oleskan sikat gigi yang telah dicelupkan ke dalam pewarna rambut cair.

Metode ini bisa Anda lakukan untuk menghemat uang dalam memperindah tampilan warna rambut.

2. Membersihkan kuku

Saat mandi, terkadang kotoran yang terjebak di sela-sela kuku tangan maupun kaki tidak terjangkau sehingga masih menempel.

Dengan sikat gigi, Anda dapat membersihan sela-sela kuku secara maksimal dan miliki kuku yang bersih seketika.

3. Membuat volume rambut

Sikat gigi yang tidak terpakai bisa digunakan sebagai pengganti sisir. Bila menginginkan rambut bervolume, Anda bisa melakukan teknik menyasak rambut menggunakan sikat gigi untuk membuat kepulan rambut yang bagus di sisi depan.

Ambil beberapa helai rambut Anda, cobalah untuk menyasaknya atau menggulung keluar sedikit.

4. Menyikat alis mata

Untuk mendapatkan alis yang tebal, bisa dilakukan dengan memijat alis Anda menggunakan minyak.

Gunakan sikat gigi sebagai kuas untuk menyisir rambut alis. Ini Meningkatkan sirkulasi darah dan membantu dalam penyerapan minyak yang efektif ke alis dan menjadikan mereka semakin tebal.

5. Membersihkan perhiasan dan aksesoris kecil

Jika Anda termasuk orang yang gemar mengoleksi aksesoris seperti kalung, gelang dan cincin, Anda bisa memanfaatkan sikat gigi bekas untuk membersihkannya.

Contohnya cincin bisa dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi. Bulu pada sikatnya membantu menjangkau lekukan atau meraih kotoran yang menempel hingga ke celah-celah. Selain itu Anda bisa menghemat waktu dan membuat aksesoris bersih kembali.

Oleskan sikat gigi ke dalam sabun dan gosokkan pada perhiasan Anda. Bilas dengan air hangat untuk hasil yang bagus.

6. Membersihkan alat make-up

Kuas make-up bisa menjadi alat penyebar kuman dan dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat apabila tidak dibersihkan.

Bekas foundation, bedak dan bubuk lainnya yang menempel pada kuas make-up bisa dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi lama Anda.

Tak hanya itu, sisir yang kotor juga bisa Anda bersihkan dengan sikat gigi. Oleskan sikat gigi ke dalam sabun kemudian sikatkan pada kuas make-up atau sisir Anda. Gosokkan sampai bersih, lalu bilas dengan air.

7. Keramas kering

Bila Anda sedang malas untuk mencuci rambut, bisa lakukan keramas kering. Dengan menaburkan bedak bayi pada rambut Anda untuk menyerap kelebihan minyak.

Kemudian sikatkan rambut Anda menggunakan sikat gigi untuk menghapus bubuk dan minyak dari rambut. (poy)

(pn/pn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section