1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Terlambat Datang Bulan? Mungkin Ini Penyebabnya!

Ternyata banyak hal yang bisa menyebabkan terlambat datang bulan

By Nur Chandra Laksana 1 Mei 2016 07:43
Ilustrasi Datang Bulan (risecampaign.com)

Money.id - Kebanyakan wanita di seluruh dunia masih beranggapan bahwa terlambat datang bulan berarti dia mengalami kehamilan. Padahal ada banyak faktor yang dapat menyebabkan seorang wanita terlambat datang bulan.

Contohnya adalah, soerang wanita bisa terlambat datang bulan karena alasan psikologis atau ada penyebab klinis lainnya. Menurut ahli kesehatan reproduksi Robyn Charlery White, PhD, ada beberapa alahasn yang membuat seorang wanita terlambat datang bulan, diantaranya adalah stress.

Nah penasaran bukan apa saja yang bisa membuat seorang wanita bisa terlambat datang bulan? Jika penasaran, silahkan simak laporannya seperti dilansir dari laman Glamour berikut ini.


Diet yang buruk

Amenore (amenorrhea), atau berhentinya menstruasi dalam periode tertentu ini ternyata berkaitan dengan gizi yang buruk. Makan terlalu banyak atau kekurangan jenis makanan tertentu dapat menyebabkan menstruasi berhenti.

Bahkan, amenore tidak peduli berapa berat badan Anda. Jika Anda belum juga mendapat haid dan Anda merasa pola makan Anda tidak bagus, Anda bisa mengatasinya dengan diet yang lebih baik dari sebelumnya.


Terlalu aktif berolahraga

Ketika latihan di gym, sebaiknya Anda menyesuaikannya dengan tujuan dan kebugaran Anda. Tetapi secara umum -- kecuali jika Anda kelebihan berat badan -- membakar lebih banyak kalori dari yang Anda konsumsi dapat menyebabkan Anda terlambat datang bulan.

Oleh karena itu, mendengarkan saran dari pelatih pribadi maupun pelatih provisional bisa membuat Anda dapat berlahraga dengan tepat dan sehat.


Stres berlebihan

Ketika Anda sedang stres, tubuh Anda bisa masuk ke mode shut-down . Saat masa ini terjadi, Anda bisa tidak mendapat haid pada waktunya. Padahal tingkat stres yang membuat haid tidak muncul sulit untuk diketahui ukurannya.

Namun Charlery White mengatakan, beberapa kejadian yang dapat menyebabkan amenore antara lain kelelahan, putus cinta yang serius, atau kematian orang yang dicintai.


Obat atau penyakit

Penyakit dan obat-obatan tertentu, seperti anti-depresan dan bahkan beberapa pil KB, dapat menyebabkan menstruasi berhenti. Diabetes juga dapat mempengaruhi siklus menstruasi, karena insulin dapat mempengaruhi regulasi hormon seperti estrogen, progesteron, dan testosteron.

Namun, Charley White mengingatkan, ada kemungkinan kecil Anda tidak mendapat haid karena ada kanker ovarium atau rahim. Namun kesempatan ini dirasa masih sangatlah kecil.


Menderita polycystic ovary syndrome (PCOS)

Perempuan yang menderita penyakit disebabkan gangguan keseimbangan sistem hormon reproduksi atau PCOS secara umum akan mengalami terlambat mendapat haid. Misalnya kadar testosteron tinggi dan progesteron yang rendah mencegah folikel matang pada perempuan yang memiliki PCOS, yang berarti tidak terjadi ovulasi.

"Siklus setiap orang berbeda, jadi jangan terlalu panik jika menstruasi Anda tidak datang setiap bulan," kata Charlery White. "Tetapi jika Anda tidak menstruasi sama sekali lebih dari tiga bulan, Anda harus ke dokter. Karena penumpukan lapisan rahim berpotensi menyebabkan pertumbuhan sel pra-kanker."

 

Baca Juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section