1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Takut Memakan Telur? Ini 6 Alasan Agar Anda Menyukainya!

Ternyata telur dapat menurunkan berat badan Anda

By Nur Chandra Laksana 30 April 2016 12:35
Ilustrasi Telur (pexel.com)

Money.id - Telur memang sering dianggap sebagai pelaku utama penyebab penyakit kolesterol. Selain itu, banyak juga yang beranggapan jika terlalu banyak mengkonsumsi telur juga dapat membawa penyakit ganas jantung koroner.

Namun, seperti dilansir dari laman Bicycling, ternyata telur tidak memiliki hubungan dengan kedua penyakit tersebut. Hal ini dipertegas dengan adanya hasil penelitian dari Wake Forest University, yang menyebutkan telur bukanlah penyebab penyakit jantung.

Bahkan, banyak ahli kesehatan terkemuka menyebut telur makanan yang sempurna. Bagian putih dan kuning telur bekerja sama untuk memberikan Anda vitamin penting, lemak sehat, mineral, dan semua nutrisi lainnya dalam satu paket makanan rendah kalori.

Oleh karena itu, mari kita simak enam alasan untuk mengkonsumsi telur lebih banyak berikut ini.


Pengubah Mood Tercepat

Telur mengandung gabungan nutrisi berguna seperti omega 3, Zink, vitamin B, dan iodium. Semua kandungan bernutrisi ini yang nantinya bekerja mencegah kelelahan dan membalikkan suasana hati yang buruk.


Menutrisi Sistem Otot Tubuh

Telur adalah salah satu sumber protein terbaik rendah kalori bagi otot. Vitamin B12 yang terkandung dalam telur juga baik untuk membantu melatih otot.

Tapi jangan tertipu tulisan 'Organik' pada box telur. Pasalnya, ayam petelur mungkin disuntik antibiotik atau diberikan makanan yang mengubah telur secara genetis yang sangat dilarang dalam dunia telur organik.


Menjauhkan Tubuh dari Kanker

Wanita yang makan kolina -- nutrisi yang ada dalam telur -- dalam dosis tinggi, memiliki presentasi 24 persen lebih kecil untuk terjangkit kanker payudara, menurut sebuah penelitian terbaru. Satu telur mengandung sekitar 30 persen kolina yang tentunya baik bagi kesehatan wanita.

Kolina sendiri banyak ditemukan terkonsentrasi pada kuning telur. Jadi, jika ingine mngkonsumsi telur, pastikan untuk menyertakan seluruh isi telur ketika membuat telur dadar.


Memberi Makanan Pada Otak

Kolina dalam telur membantu menjaga ingatan Anda tetap tajam. Selain itu kolina juga meningkatkan pelepasan asetilkolin -transmiter syaraf yang membantu otak menyimpan dan mengingat informasi secara lebih baik.

Telur dari ayam yang dibesarkan di luar kandang juga mengandung asam lemak omega-3 lebih banyak yang membantu menguatkan otak. Usahakan mendapat telur dari peternak yang memelihara ayam secara organik.

Telur dari ayam yang dipelihara secara organik mengandung banyak vitamin E - yang dipercaya ilmuwan bisa melindungi seseorang dari serangan penyakit Alzheimer.


Membuat Mata Tetap Tajam

Telur adalah sumber makanan yang kaya lutein dan zeaxanthin, yakni antioksidan yang membantu mencegah kerusakan atau degradasi makula dan katarak. Untuk lebih melindungi mata, campurkan bayam yang penuh lutein dan zeaxanthin ke dalam telur dadar Anda.

Konsumsi kedua makanan ini secara berkala untuk menjaga kesehatan mata dan menurunkan resiko katarak pada mata.


Melangsingkan Tubuh

Para peneliti dari Louisiana State University menemukan bahwa ketika orang gemuk memilih sarapan bagel telur setidaknya lima kali seminggu, mereka kehilangan 65 persen berat badannya. Dan ilmuwan Saint Louis University menemukan bahwa makan telur di pagi hari menyebabkan makan lebih sedikit kalori sepanjang sisa hari itu juga.

 

Baca Juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section