1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Sering Kesemutan? Hati-hati Mungkin Anda Terkena Gejala Anemia

Anemia adalah gejala berkurangnya jumlah sel darah merah atau kandungan hemoglobin di dalam darah.

By Dian Rosalina 24 Januari 2016 17:15
Ilustrasi Kesemutan (www.telegraph.co.uk)

Money.id - Bila tubuh Anda merasakan gejala 3L (letih, lemah, lesu) dan pusing, mungkin Anda sedang terserang gejala Anemia. Menurut studi yang dilakukan WHO, hampir 1,62 miliar orang di dunia terkena anemia. Dan yang paling banyak terserang adalah perempuan serta anak-anak.

Anemia adalah gejala berkurangnya jumlah sel darah merah atau kandungan hemoglobin di dalam darah. Hemoglobin (Hb) adalah suatu senyawa protein yang membawa oksigen di dalam sel darah merah.

Namun banyak di antara Anda yang tidak menyadari tanda-tanda dari gejala tersebut. Dikutip dari Zeenews, Minggu 24 Januari 2016, berikut ini adalah tanda-tanda yang bisa di identifikasikan sebagai gejala Anemia:

Jantung berdebar

Pada umumnya orang yang normal memiliki denyut jantung 60-100 denyutan per menit. Jika jantung Anda memiliki denyut lebih dari itu, mungkin itu patut untuk diwaspadai.

Orang anemia pun juga memiliki gejala yang serupa. Penyebabnya sendiri adalah tidak tercukupinya sel darah merah untuk mengirimkan oksigen ke otot jantung. Itulah yang membuat jantung penderita anemia sering berdebar.

Kulit pucat

Orang yang terkena anemia sering ditandai dengan kulit pucat. Biasanya lebih terlihat di daerah bibir, bagian dalam kelopak mata, dan wajah secara keseluruhan.

Rambut rontok

Penyebab rambut rontok bermacam-macam. Hampir semua orang pernah mengalami masalah rambut rontok.

Namun ternyata tanda tersebut bisa dikarenakan stres dan kekurangan nutrisi tertentu yang bisa menguatkan rambut. Kekurangan nutrisi mungkin diakibatkan karena darah tidak cukup mensuplai ke kantung rambut.

Jadi bila Anda memiliki gejala rambut yang berlebihan selama berhari-hari, bisa jadi itu adalah tanda anemia.

Keram kaki

Anda pasti pernah merasakan kesemutan karena duduk dengan posisi yang tidak benar. Lalu sesaat kemudian bagian tubuh tersebut serasa mati rasa.

Hal itu terjadi karena pasokan darah ke saraf terhambat. Karena bersifat sementara, kondisi tersebut bisa mereda dengan sendirinya jika aliran darah Anda kembali lancar.

Namun bila hal itu sering terjadi, kemungkinan Anda mengalami anemia atau penyakit yang disebut Raynaud. Penyakit yang mempengaruhi pasokan dara ke area tertentu pada tubuh, seperti jari-jari tangan dan kaki. (poy)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section