1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Cerita Sukses Perusahaan Jamu Air Mancur di Indonesia

Berawal dari sebuah industri jamu rumahan sederhana PT Air Mancur berkembang menjadi perusahaan jamu ternama.

By Azalia Amadea 12 April 2016 13:15
Ilustrasi jamu air mancur (Foto: airmancur.co.id)

Money.id - Minuman tradisional jamu sangat identik dengan Indonesia. Jamu dipercaya sebagai minuman kaya manfaat dan sebagai obat herbal yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Ada banyak perusahaan jamu tradisional di Indonesia. Salah satu yang melegenda adalah perusahaan Jamu Air Mancur. Bermula dari sebuah industri rumah jamu sederhana di Solo, Jawa Tengah.

Lambertus Wonosantoso, Rudy Hindrotanojo dan Kimun Ongkosandjojo adalah tiga sahabat pendiri dari perusahaan tersebut. Mereka meramu obat-obatan tradisional yang kemudian dijual ke Jakarta.

Dilansir dari berbagai laman, awalnya perusahaan jamu itu hanya menggunakan alat-alat tradisional yang sederhana--dengan--pekerja berjumlah 11 karyawan. Setelah beberapa bulan berjalan, tiga sahabat tersebut berhasil mendirikan pabrik jamu pertama mereka lengkap dengan mesin modern.

Setelah sembilan bulan berjalan, tepatnya pada 23 Desember 1963, industri rumahan tersebut diubah menjadi sebuah usaha berbadan hukum dengan nama PT Air Mancur.

Usaha jamu ini terus berkembang dengan bertambahnya karyawan mereka hingga 1.800 pekerja dan beberapa pabrik lainnya dibuka di Wonogiri dan Karanganyar.

Logo Air Mancur semakin terkenal dan melegenda. Logo tersebut sudah seakan menjadi ciri khas minuman tradisional atau jamu Indonesia.

Secara fengshui, air dipercaya sebagai energi yang dapat menghasilkan kekayaan atau uang yang terus mengalir. Dapat digambarkan juga bahwa Air Mancur merupakan lambang kemakmuran.

Para pendiri berharap perusahaan jamu ini dapat makmur seperti air mancur yang terus mengalir tanpa henti. Sedangkan angka 16 yang terdiri dari angka 1 dan 6 memiliki makna bersemi dalam fengshui.

Selain itu, jika lebih diperjelas, 16 air mancur kecil tersebut terdiri dari delapan air mancur kecil di bagian depan dan delapan air mancur kecil di bagian belakang. Angka delapan sangat dipercaya sebagai sumber rezeki atau kemakmuran yang tidak putus.

Jamu Air Mancur menjadi salah satu perusahaan jamu terbesar di Indonesia dibuktikan dengan reputasi yang tidak saja di negeri sendiri, namun juga di dunia Internasional.

Produk Air Mancur telah sejak lama diekspor ke berbagai belahan dunia antara lain Malaysia, Singapura, Brunei, Taiwan, Hong Kong bahkan Timur Tengah dan Afrika.

Produk-produk jamu yang ditawarkan pun beragam, mulai dari jamu untuk anak-anak, khusus wanita dan khusus pria. Jamu yang dijual umumnya berbentuk serbuk dengan harga jual Rp8.500 per kotak berisi 10 sachet jamu dengan berat 7 gram per sachet-nya.

Air Mancur--merupakan--salah satu pionir dalam industri jamu, memegang peranan penting membawa jamu ke tingkat yang lebih modern. Sehingga lebih diterima masyarakat luas bahkan dunia internasional.

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section