1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Replika Kapal Titanic II Siap Berlayar pada 2018

Replika kapal Titanic menelan biaya hingga 400 juta pound sterling.

By Azalia Amadea 15 Februari 2016 09:06
Ilustrasi replika Titanic II (Foto: dailymail.co.uk)

Money.id - Salah satu kapal pesiar terbesar dari awal abad 20 akan segera berlayar kembali. Kapal legendaris RMS Titanic yang tenggelam di Laut Atlantik lebih dari 100 tahun yang lalu akan dihidupkan lagi melalui kapal replika Titanic II.

Titanic II yang dibangun oleh galangan kapal Tiongkok CSC Jinling Shipyard di Jiangsu kabarnya memiliki fitur dan fasilitas yang hampir sama persis dengan Titanic yang dibuat pada tahun 1912.

Namun peluncuran Titanic II telah ditunda ke tahun 2018, yang sebelumnya dijadwalkan tahun ini. Pembuatan Titanic II ini merupakan gagasan dari pengusaha kaya dan politisi Australia Clive Palmer, yang memiliki Blue Star Line.

Seperti aslinya, Titanic II akan memiliki tiga kelas kabin dan ruang makan. Tangga besar, ruang merokok, Café Parisien dan Marconi Room akan diciptakan kembali hampir menyerupai aslinya.

Detail kapal Titanic II berdasarkan pada rendering Titanic yang dihasilkan oleh perusahaan pelayaran berbasis di Brisbane itu.

Meski sudah berteknologi tinggi, ruang tamu atau ruang publik tidak akan dipasang televisi. Namun dalam rendering itu, terlihat ada helipad di dek paling atas - teknologi yang tidak ada pada Titanic asli.

Titanic II telah memenuhi standar keamanan dan persyaratan desain. Yang artinya Titanic II akan memiliki lambung yang dilas bukan dipaku, sistem propulsi diesel-listrik bukan mesin uap, stabilisator, dan peralatan navigasi berteknologi tinggi.

Kapal yang dibangun dengan biaya berkisar 300 juta hingga 400 juta pound sterling ini akan memiliki cukup sekoci untuk semua orang di kapal dan sistem evakuasi modern.

Belfast Telegraph melaporkan, ukuran Titanic II 4 meter lebih luas daripada kapal aslinya. Tetapi panjang (269,7 meter), tinggi (53 meter) dan berat (40.000 ton) tetap hampir sama. Dan juga akan memiliki 9 dek yang sama dengan aslinya.

Kapal baru tersebut akan memiliki 840 kabin di tiga kelas dengan kapasitas 2.435 penumpang dan 900 awak.

Palmer mengumumkan proyek Titanic II pada tahun 2012. Saat itu ia mengatakan kepada wartawan Titanic II akan dibangun di Galangan Kapal CSC Jinling di Tiongkok.

Kapal diperkirakan akan meluncur pada 2016 namun ada spekulasi pada tahun 2015 bahwa proyek telah ditinggalkan setelah terjadi kegagalan dalam konstruksi.

Tetapi September tahun lalu juru bicara Palmer mengatakan kepada Belfast Telegraph bahwa peluncuran akan ditunda sampai 2018.

Meski sangat ditunggu-tunggu oleh mereka yang ingin merasakan berlayar dengan Titanic, tak sedikit yang mengkritik proyek ini.

Proyek kapal legendaris tersebut dikritik karena dianggap tidak sensitif terhadap perasaan para korban dan yang selamat di malam tragedi penuh horor pada April 1912 yang mengguncang dunia itu.

Seperti diketahui, Titanic tenggelam beberapa jam setelah bertabrakan dengan gunung es pada pelayaran perdananya dari Southampton ke New York.

Dalam tragedi itu, lebih dari 1.500 penumpang dan awak tewas. Titanic adalah kapal terbesar di dunia pada saat itu dan membawa 2.224 penumpang. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section