1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Tangkal Kebutaan dengan Sayuran Hijau

Nitrat terkandung dalam sayur-sayuran hijau yang dapat membantu mencegah kebutaan.

By Azalia Amadea 30 Januari 2016 18:02
Ilustrasi sayuran hijau segar (Foto: vishwagujarat.com)

Money.id - Berdasarkan sebuah penelitian terbaru tentang mata menyebutkan, sayuran hijau atau berdaun hijau bisa menurunkan risiko terkena glaukoma sebesar 20 sampai 30 persen.

Mengutip laman Daily Mail, Sabtu 30 Januari 2016, penelitian tersebut dilakukan oleh Jae H. Kang, asisten profesor kedokteran di Brigham and Women's Hospital and Harvard Medical School, Boston, Amerika Serikat.

Jae menemukan bahwa senyawa alami dalam sayuran hijau dapat membantu mencegah glaukoma. Glaukoma sendiri merupakan salah satu penyebab utama kebutaan.

Menurut Jae orang-orang yang rajin mengkonsumsi sayuran hijau mempunyai risiko lebih rendah 20-30 persen terkena glaukoma.

Dipublikasikan dalam jurnal 'JAMA Ophthalmology,' disebutkan bahwa diet sayuran berdaun hijau seperti bayam dan selada sangat dianjurkan karena mengandung nitrat yang sehat bagi mata.

Nitrat dapat dikonversi menjadi nitrat oksida dalam tubuh dan bisa meningkatkan aliran darah.

"Nitrat oksida penting untuk menjaga aliran darah dalam mata tetap optimal, dan beberapa bukti menunjukkan bahwa hal itu mungkin juga penting untuk menjaga tekanan darah di mata tetap rendah," kata Jae.

Penelitian dilakukan dengan mengambil data tahun 1984 sampai 2012 dari 63.893 peserta wanita dan 41.094 peserta pria. Usia semua peserta rata-rata sudah 40 tahun dan tidak menderita glaukoma saat pertama kali mengikuti program penelitian ini.

Mereka diberi pertanyaan tentang pola makan dan memberikan laporan tentang seberapa sering mereka makan sayuran. Berdasarkan kuesioner tersebut, peneliti menghitung asupan nitrat dan berbagai kelompok makanan. Mereka menemukan bahwa sayuran hijau gelap adalah sumber terbesar dari nitrat, dengan kadar 57 persen.

Hasil analisis menunjukkan mereka yang menderita glaukoma adalah yang jarang memakan sayuran hijau saat menjalani dietnya. Dalam laporan disebutkan terdapat 1.483 peserta yang mengalami glaukoma di akhir penelitian pada tahun 2012.

Dalam studi tersebut, orang yang mengkonsumsi banyak nitrat juga mengkonsumsi nutrisi tinggi lainnya, berolahraga lebih banyak, mengurangi merokok dan badannya lebih ramping.

"Sejauh ini sayuran hijau adalah sumber terbesar dari nitrat, dan sayuran merupakan bagian dari diet yang sehat. Asupan nitrat tinggi telah dikaitkan dengan menurunkan tekanan darah, sirkulasi darah yang lebih baik dan kinerja atletik yang lebih baik," tambahnya. (dhi)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section